Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tips Memilih Takjil yang Sehat Untuk Berbuka Puasa

Selama bulan Ramadhan, kita perlu menjaga asupan makanan agar ibadah puasa berjalan lancar.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Ilustrasi Takjil puasa. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Selama bulan Ramadhan, kita perlu menjaga asupan makanan agar ibadah puasa berjalan lancar.

Pilihan takjil untuk berbuka puasa juga penting diperhatikan supaya tak menyebabkan masalah kesehatan. 

Pilih takjil yang aman untuk buka puasa. Bagaimana cara memilih takjil yang aman untuk berbuka puasa

Menurut Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pangkalpinang serta Konsultan Gizi Aplikasi Gizi Nusantara Karina Dwi Handini, makanan merupakan media yang mudah terkena cemaran. 

Cemaran bisa berupa fisik, kimia maupun biologis, cemaran fisik berupa benda-benda fisik seperti helai rambut, kuku, benang, potongan kayu, plastik, selotip ataupun isi steples yang menempel pada makanan jajanan yang dapat tertelan pada saat makanan tersebut dikonsumsi atau dimakan. 

"Cemaran biologis berupa bakteri dan jamur yang dapat tumbuh pada makanan yang disebebakan karena makanan tidak melalui teknik pengolahan dan penyimpanan yang tepat," kata Karina kepada Bangkapos.com, Jumat (8/4/2022).

Sedangkan cemaran kimia, kata Karina berupa zat-zat kimia berbahaya yang bisa menempel pada makanan seperti sisa pestisida yang digunakan sehari-hari di rumah maupun residu bahan bakar motor atau mobil yang tersebar karena  polusi udara di sekitar tempat pengolahan atau penyajian makanan.

Oleh karena itu, menurutnya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli untuk berbuka puasa.

1. Pilih takjil yang dijual di tempat yang bersih, tertutup dan tidak di pinggir jalan.

Karena tempat yang kotor dan terbuka akan meningkatkan risiko makanan tercemar bakteri maupun benda-benda lainnya. Selain itu, makanan yang dijual di pinggir jalan akan meningkatkan risiko menempelnya zat kimia berupa timbal yang terkandung dalam asap kendaraan. 

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved