Breaking News:

Mitra UMKM Siap Sukseskan Summarecon Expo 2022

"Ini adalah kesempatan besar dan ekslusif dari Kementerian Perdagangan untuk kita," kata Melati.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
Diskominfo Babel
Ketua Dekranasda Provinsi Babel, Melati Erzaldi, mengundang mitra UMKM berdiskusi mengenai ummarecon Expo 2022, Jumat (8/4/2022). 

BANGKA - Guna menyukseskan kegiatan Summarecon Expo 2022 yang akan diadakan di Summarecon Mall Tangerang Selatan, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Melati Erzaldi, mengundang pihak mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berdiskusi mengenai expo yang difasilitasi oleh Kementerian Perdagangan RI, di Rumah Dinas Gubernur Babel, Jumat (8/4/2022).

Mitra yang hadir dalam rapat, yakni pihak perbankan (Bank Indonesia Babel, Bank BNI, Bank BRI, Bank BCA, Bank BTPN, Bank Sumsel Babel), dan BUMN (PT Timah, PT Permodalan Nasional Madani (PNM), PT Pos Indonesia). Seperti yang diketahui, pihak mitra-mitra ini, memang sudah memiliki mitra binaan UMKM sendiri. 

Dikatakan Ketua Melati, beberapa mitra ini, bahkan sudah memiliki list (dafar) UMKM binaannya yang rencananya akan diberangkatkan untuk meramaikan Summarecon Expo 2022. Satu di antaranya, Bank Indonesia yang secara gamblang akan memberangkatkan dan memberikan dukungan bagi 18 pelaku usaha binaannya dari segi akomodasi dan transportasi. 

"Guna menyukseskan kegiatan yang merupakan permintaan dari Kementerian Perdagangan, makanya saya meminta teman-teman BUMN dan perbankan, untuk segera mengirimkan nama-nama UMKM binaannya. Tapi ternyata, justru ada beberapa yang sudah siap list datanya. Seperti Bank Indonesia (Babel) tadi, katanya mau memberangkatkan 18 UMKM, dan PT Timah tadi ada 7," jelasnya.

Berdasarkan dari penyampaian beberapa perwakilan, ada beberapa UMKM yang ternyata dibina lebih dari satu mitra. Untuk menangani hal ini, Ketua Melati Erzaldi meminta para mitra BUMN dan perbankan, segera mengirimkan list UMKM binaannya yang telah terkurasi ke pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel. 

"Nanti bisa kirimkan datanya paling lambat Hari Senin ini, biar nanti enak untuk pembagian dan pengolahan datanya. Ini bertujuan untuk menghindari overlapping. Kalau pun ada yang sama, nanti biar diatur, ada yang membiayai keberangkatan, ada juga yang support untuk model atau fashion show- nya," kata Melati.

Pihak kementerian menargetkan ada 40 pelaku usaha, yang berarti ada 40 produk. Di antaranya 20 produk pangan, 20 produk non pangan, yang akan memeriahkan Summarecon Expo 2022. Khusus untuk produk kerajinan kain tenun dan batik cual, akan ditampilkan lewat  fashion show, di mana selama 20-24 April ini, secara bergantian akan ditampilkan setiap harinya. Tak hanya produk UMKM saja, tetapi seni dan budaya, seperti tarian dan penampilan dambus, juga akan hadir dalam kegiatan ini.

Melati Erzaldi menyebut, bentuk aksi dan dukungan kolaborasi pihak BUMN dan perbankan sangat diharapkan untuk kegiatan ini, karena untuk anggaran APBD dan anggaran Dekranasda memang tidak ada. Sejalan dengan  Melati, Kpeada Disperindag Provinsi Bangka Belitung, Tarmin AB, juga mengungkapkan harapannya terkait hal serupa.

"Harapannya untuk bapak/ibu semua, dapat mendukung kegiatan ini, karena ini bukan untuk kita saja, tetapi untuk nama baik Bangka Belitung," kata Tarmin.

Summarecon Expo, Cara Sambut Babel sebagai Gerbang Destinasi Wisata Indonesia

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved