Breaking News:

Ramadhan

Kisah Dika, Hafal Al-Qur'an 9 Juz Sejak SD, Batasi Gadget dan Rajin Mengulang Hafaan Jadi Kunci

Untuk bisa menghafal Al-Qur'an seperti sekarang, Dika menghafal bacaan dengan 10 sampai 15 kali pengulangan.

Editor: Novita
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Muhammad Dika Ezzar Ilahi santri penghafal Al-Qur'an 9 juz kelas VI SD di Ma'had Darul Fatah, Bukit Merapin, Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Muhammad Dika Ezzar Ilahi duduk tegap di samping kelasnya. Dengan menggenggam erat Al-Qur'an di kedua tangannya, ia menceritakan perjalanannya sebagai hafiz Qur'an di Ma'had Darul Fatah, Bukit Merapin, Kota Pangkalpinang, pada Minggu (10/4/2022) siang.

Sedikit malu-malu, gurat keceriaan tergambar jelas di wajahnya kala tim Bangkapos.com menghampirinya untuk berbagi cerita.

Anak dari pasangan Irwan Subadi dan Nurul Aini Al-Quddasi itu merupakan siswa kelas VI sekolah dasar (SD) yang telah menempuh pendidikan enam tahun lamanya di Pondok Pesantren Tahfiz Qur'an Darul Fatah.

Keinginan menjadi seorang hafiz Qur'an berawal dari ajakan orangtuanya. Sebagai anak yang saleh, ia lantas menuruti permintaan mulia kedua orangtuanya tersebut.

"Ayah ibu nyuruh masuk pesantren, akhirnya Dika mau. Lama kelamaan Dika juga senang," ujarnya.

Awalnya, Dika sempat menempuh pendidikan di tempat lain. Namun karena hafalannya tidak berkembang, akhirnya dipindahkan ke Ma'had Darul Fatah dengan tujuan hafalannya semakin baik.

"Dika dulu sempat sekolah di tempat lain tapi cuman bentar, akhirnya Dika sekolah di sini," imbuhnya

Rasanya pilihan orang tuanya sangat tepat. Pasalnya sejak menjalankan pendidikan sebagai santri di Ma'had Darul Fatah, ia yang saat itu belum memiliki hafalan, kini sudah menghafal Al-Qur'an sebanyak 9 juz. Ia juga menargetkan untuk menghafal 10 juz sebelum lulus SD.

"Sekarang udah hafal 9 juz, tapi nanti sebelum lulus sekolah semoga bisa hafal 10 juz," ucap Dika.

Tak sampai di situ saja, bocah yang memiliki cita-cita sebagai ustaz tersebut menuturkan ingin menghafal sampai juz 30 sebelum lulus sekolah menengah pertama (SMP) nanti. Sungguh kemampuan yang membanggakan untuk anak seusianya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved