Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Fauzan Rela Merantau Jauh dari Sulawesi Tengah ke Pulau Bangka Demi Menjadi Tahfiz Qur'an

Ahmad Fauzan kini merantau jauh di Bangka Belitung, sedang menempuh pendidikan tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah.

Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Ahmad Fauzan (15) santri penghafal Al-Qur'an 15 juz asal dari Sulawesi Tengah di Pondok Pesantren, Hidayatullah, Desa Teru, Bangka Tengah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lahir dan besar di Sulawesi Tengah,  Ahmad Fauzan kini merantau jauh di Bangka Belitung,  sebab laki laki  kelahiran tahun 2007 itu sedang menempuh pendidikan tahfiz Qur'an di Pondok Pesantren Hidayatullah, Teru, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (11/04/2022).

Jarak dari Sulawesi Tengah ke Bangka Belitung memang terbilang jauh karena harus melewati jalur udara berjam-jam dan jalur laut berhari-hari.

Namun, remaja berusia 15 tahun itu tidak pernah gentar untuk mengambil keputusan merantau. Ia menilai, merantau akan membuatnya lebih mandiri.

”Niat menghafal Al-Qur'an dan jadikan orang tua sebagai motivasi kita belajar,” ungkap Fauzan.

Fauzan (15) saat ini duduk di kelas 1 sekolah menengah atas (SMA). Perjalanannya sebagai seorang santri di Ponpes Hidayatullah dimulai saat ia beranjak ke pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) dan telah berjalan tiga tahun lamanya.

Keinginannya sebagai penghafal Al-Qur'an bermula dari didikan orangtuanya yang sedari kecil sudah membimbingnya melalui guru ngaji.

"Belajar Al-Qur'an sari SD, dari orangtua dan guru ngaji," ungkapnya.

Bahkan saat sekolah dasar (SD), Fauzan (15) sudah mampu menghafal juz 30. Keinginan untuk menambahkan hafalannya menggebu-gebu saat ia lulus SD.

Akhirnya saat hendak masuk SMP ia bertekad untuk masuk sekolah tahfiz Qur'an.

Tak tanggung-tanggung, ia menuntut ilmu sebagai hafiz Qur'an di tempat yang selama ini belum dikunjunginya bahkan jauh dari tempat asalnya. Keputusan yang sangat berani untuk merantau jauh berbeda pulau.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved