Breaking News:

Melati: Penggunaan Medsos adalah Tanggung Jawab, Berikan Motivasi dan Inspirasi

Banyak figur-figur pemimpin saat ini telah menjadikan media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Novita
Diskominfo Babel
Ketua TP PKK Bangka Belitung, Melati Erzaldi 

BANGKA - Puluhan peserta seminar online atau webinar yang diikuti kalangan mahasiswa dari beberapa kampus di Indonesia, nampak antusias mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi Program Magister Universitas Islam Bandung (Unisba) atas ide Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba, Dr Dedeh Fardiah Dra MSi sebagai tugas UTS mata kuliah Dinamika Media & Masyarakat, Minggu (10/3/2022).

Mengawali webinar ini, Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Unisba,  Dr Ike Junita memberikan pidatonya, yang dilanjutkan oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba, Prof Dr Atie Rachmiaty Dra MSi selaku keynote speaker.

Banyak pertanyaan diberikan peserta webinar kepada dua narasumber berkompeten yang dihadirkan sebagai pegiat media sosial (medsos), yakni istri Gubernur Bangka Belitung (Babel) sekaligus Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Bangka Belitung. Melati Erzaldi, dan public speaker Fathia Noor Fatimah.

Menurut Melati Erzaldi dalam materinya di seminar bertema "Media dan Perempuan: Kiat 'Main Cantik' di Media Sosial", penggunaan media sosial erat kaitannya dengan sebuah tanggung jawab. Sebab, konten yang ditampilkan oleh sang content creator akan rentan ditiru oleh para pengikut (followers). Untuk itu, perlu adanya konsep yang baik agar konten yang disajikan menjadi konten yang bermanfaat.

"Saya mengikuti media sosial khususnya Instagram sejak 2018. Saya membuat akun ini karena didorong untuk menginspirasi orang lain atas apa yang saya lakukan. Dari konten yang saya buat, banyak hal yang dapat dilakukan, dan bermanfaat dalam memberdayakan masyarakat. Itu yang saya sampaikan dalam konten yang saya buat," tuturnya.

Bahkan, banyak figur-figur pemimpin saat ini telah menjadikan media sosial, baik melalui Facebook, Instagram, Twitter dan platform lainnya, sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Dari sini pula, Melati bercerita bagaimana dirinya merasa turut bertanggung jawab mendukung sang suami, Erzaldi Rosman, sebagai Gubernur Bangka Belitung, dalam upaya pembangunan daerah dengan mengenalkan potensi-potensi Bangka Belitung melalui aktivitas sehari-hari yang diunggah di akunnya.

"Saya memposisikan diri saya sebagai seorang pemimpin perempuan, karena sudah sejak 2005 suami saya sudah dipercaya sebagai pemimpin daerah, sehingga saya juga harus ikut serta. Saya bikin konsep medsos saya dengan sebaik mungkin untuk mempromosikan produk UMKM, promosi spot wisata, juga setiap kegiatan di Babel. Jadi, apapun yang saya lakukan di akun media sosial pribadi, harus saya pertanggungjawabkan sebagai seorang pemimpin perempuan," jelasnya.

Lantas, bagaimana efektivitas media sosial dalam menginformasikan setiap kegiatannya?

Diakui Melati Erzaldi yang juga sebagai Ketua Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Bangka Belitung, apa yang dilakukannya seperti promosi produk UMKM maupun pariwisata di Bangka Belitung melalui media sosial, berdampak positif bagi diri sendiri bahkan perekonomian daerah.

Hal ini dapat terlihat dari antusiasme pelaku UMKM yang menjalin komunikasi dengan dirinya melalui direct message (DM) Instagram, baik sekadar konsultasi maupun meminta solusi mengenai konsep promosi, dan pemasaran produk-produk yang mereka geluti. Pun dalam setiap undangan kegiatan, dirinya kerapkali diundang atas nama penggerak UMKM maupun pelaku pariwisata, bukan sebagai seorang istri gubernur.

"Jadi, branding yang saya lakukan itu melekat sekali. Media sosial sangat kuat pengaruhnya, dan menjadi bukti bahwa ketika kita lakukan (konten) dengan konsep yang benar, itu akan dapat. Mudah-mudahan apa yang sudah saya lakukan sampai hari ini, bisa menginspirasi dan memotivasi perempuan di daerah dan pelosok Babel. Ketika kita berbicara perempuan, kita juga mampu setara dengan laki-laki sebagai seorang pemimpin," kata Melati. (*)

Penulis: Rangga
Foto: Bidang IKP Diskominfo
Editor: Natasya

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved