Breaking News:

Berita Sungailiat

Bupati Bangka Safari Ramadan ke Desa Kimak, Imbau Masyarakat Jangan Menyia-nyiakan Bulan Ramadan

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka, Mulkan, kembali mengajak masyarakat dan seluruh jamaah masjid agar jangan menyia-siakan bulan Ramadan.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka, Mulkan, menyerahkan bantuan pada kegiatan Safari Ramadan 1443 H dan Berbuka Puasa Bersama masyarakat Desa Kimak Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka di Masjid Fathurrahman, Selasa (12/4/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka, Mulkan, melaksanakan Safari Ramadan 1443 Hijriah dan Berbuka Puasa Bersama masyarakat Desa Kimak, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka di Masjid Fathurrahman, Selasa (12/4/2022).

Kegiatan ini diisi dengan sambutan Kades Kimak, Mustopa, dilanjutkan sambutan Bupati Bangka, Mulkan. Setelah itu pemberian bantuan untuk masjid, berupa kipas angin, sajadah gulung dan speaker wireless.

Kemudian diisi ceramah agama oleh Ustaz Ali Akbar, hingga menunggu waktu berbuka puasa bersama tiba dengan budaya Nganggung. Dilanjutkan dengan salat magrib berjemaah dan makan malam bersama di rumah seorang tokoh masyarakat Desa Kimak.

Bupati Bangka dan rombongan juga melaksanakan salat isya dan tarawih berjemaah di Masjid Faturrahman.

Pada kesempatan itu, Bupati Bangka, Mulkan, kembali mengajak masyarakat dan seluruh jamaah masjid agar jangan menyia-siakan bulan Ramadan.

"Mari kita manfaatkan untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Mari tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dunia ini tidak perlu kita kejar, tidak akan habis dan tidak akan puas mengejar kehidupan di dunia ini," kata Mulkan.

Dia juga mengenang kebersamaan dengan almarhum Kepala KUA Kecamatan Belinyu Ustaz Dumyati, yang masih bersama-sama saat kegiatan Safari Ramadan di Masjid Baitul Muttaqin Kelurahan Air Asam, Kecamatan Belinyu.

"Beliau Ustaz Dumyati menjadi imam salat bereamaah, juga mantan Gubernur Babel H Hudarni Rani beberapa hari lalu sudah dipanggil Allah SWT. Kita semua tidak tahu kapan giliran kita dipanggil Allah SWT. Tidak ada jaminan bagi kita meskipun masih sehat, bisa saja dipanggil Allah SWT kapan saja," tutur Mulkan.

Atas nama pribadi dan Pemkab Bangka, Mulkan mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan bagi yang melaksanakan dengan sebaik-baiknya.

"Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sebaik-baiknya kebarokahan dan keutamaan bulan suci Ramadan ini," ujarnya.

Dia berharap jangan sampai kita mencederai puasa kita. Karena puasa ini bukan hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi bagaimana kita menjaga dan memelihara puasa ini supaya menjadi amal ibadah dan bisa khusyuk kita laksanakan.

"Jaga amarah dan menahan hawa nafsu, selaku pemimpin harus bisa menjaga kesabaran di bulan puasa ini, menjaga mulut kita dari kata-kata yang dapat mengurangi nilai ibadah," imbuhnya.

Mulkan juga mengimbau masyarakat untuk membayar zakat fitrah, juga zakat maal yang sudah mencapai haul satu tahun dan nishabnya, senilai 85 gram emas atau uang Rp74.000.000 dibayarkan 2,5 persen.

"Harta yang kita miliki ini harus disucikan dengan membayar zakat. Bukan hanya tubuh kita saja yang disucikan, juga harta yang kita miliki, sebab zakat ini sangat penting bagi masyarakat kurang mampu, baik yang meminta langsung maupun tidak meminta langsung kepada kita," imbuhnya.

Saat ini, lanjutnya, kita sudah menyelesaikan satu fase bulan Ramadan, yaitu Sahru Rahmah dan akan memasuki fase kedua atau Sahru Margfiroh atau fase ampunan dari Allah SWT.

Menanggapi permintaan Kades Kimak soal perbaikan dan pembangunan jalan, Mulkan meminta pak kades dan masyarakat bersabar, karena Pemkab Bangka belum bisa melaksanakan secara keseluruhan aspirasi masyarakat. Hal ituakibat kondisi keuangan daerah yang minim karena wabah pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dua tahun lebih ini.

"Anggaran ini harus bisa dibagi-bagi untuk seluruh wilayah Kabupaten Bangka. Bahkan saya juga sudah melakukan roadshow ke tiga kementerian di Jakarta untuk mencari celah bagi pembangunan di Kabupaten Bangka. Namun anggaran di kementerian saat ini juga mengalami penurunan yang cukup signifikan," imbuhnya. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved