Breaking News:

PLN Bangka Belitung Pastikan Pasokan Listrik Selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H Tercukupi

PLN terus memantau dan memastikan ketersediaan pasokan bahan bakar (batu bara dan BBM) di seluruh unit pembangkit dalam kondisi aman.

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Novita
Istimewa
Program PLN Ramadhan Berkah 

BANGKA - General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Bangka Belitung, Amris Adnan, memastikan pasokan listrik di Bangka Belitung selama Ramadan hingga Idul Fitri 1443 H dalam keadaan aman.

Pernyataan tersebut didukung dengan berhasilnya PLN Babel melaksanakan uji coba energize interkoneksi kabel laut 150 kv Sumatera-Bangka. 

"Alhamdulillah dengan terkoneksinya sistem interkoneksi Sumatera-Bangka, kebutuhan suplai listrik di Pulang Bangka selama bulan puasa dan menjelang hari raya nanti akan tercukupi, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir jika terjadi pemadaman," kata Amris.

Interkoneksi jaringan listrik kabel bawah laut yang menghubungkan Pulau Sumatera dengan Pulau Bangka ini, juga menjadi langkah awal untuk mewujudkan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terang benderang.

Istimewa
Program PLN Ramadhan Berkah (Istimewa)

"Dengan adanya interkoneksi ini, kami optimistis ke depan tidak akan ada lagi pemadaman listrik, kecuali pada saat terjadi gangguan darurat di lapangan, misalnya pohon tumbang dan lainnya," tambah Amris.

Selain itu, untuk menjaga momen Ramadan dan Idulfitri 1443 H berjalan nyaman dan kondusif, PLN Babel wajib meningkatkan kesiapan instalasi serta kesiagaan operasi dan personel sehingga dapat memperkecil terjadinya gangguan, terutama pada periode siaga tanggal 01 April 2022 – 10 Mei 2022.

Untuk mewujudkan hal tersebut, PLN UIW Bangka Belitung mengambil langkah-langkah pengaturan sistem operasi, koordinasi, dan pelaporan sesuai dengan SOP yang telah disusun.

PLN UIW Bangka Belitung telah menyiapkan 61 posko siaga, yang terdiri atas Posko UIW Bangka Belitung, Posko UPK, Posko UP3, Posko ULP dan seluruh Kantor Jaga.

PLN juga telah menyiagakan 773 personel, yang terdiri atas 277 personel PLN dan 496 personel TAD dengan 51 armada kendaraan yang bertugas mengamankan pasokan listrik selama Ramadan dan Idulfitri 1443 H.

PLN terus memantau dan memastikan ketersediaan pasokan bahan bakar (batu bara dan BBM) di seluruh unit pembangkit dalam kondisi aman.

"Kami telah melakukan pengecekan dan simulasi terhadap peralatan-peralatan yang akan digunakan dan SOP manuver jaringan, untuk mengantisipasi adanya gangguan sistem secara mendadak. Selama masa siaga ini, kami tidak melakukan pemeliharaan jaringan yang memerlukan penghentian sementar aliran listrik ke rumah pelanggan, jika terjadi padam maka dipastikan hal tersebut karena adanya gangguan," imbuh Amris.

Di bulan yang sama, PLN juga kembali menggelar promo diskon tambah daya listrik bagi rumah ibadah melalui program Ramadhan Berkah. Layanan ini memberikan kesempatan pelanggan menaikkan daya hingga 11.000 Volt Ampere (VA) dengan biaya Rp 150 ribu.

Amris mengatakan, program Ramadhan Berkah menyasar pelanggan tarif sosial untuk peruntukan rumah ibadah dengan pilihan kenaikan daya dari 2.200 hingga 11.000 VA. Promo tersebut berlaku sejak 29 Maret hingga 31 Mei 2022.

“Menyambut Ramadhan, PLN meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan memberikan keringanan biaya penambahan daya. Kali ini promo tersebut diberikan untuk rumah ibadah,” kata Amris.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved