Breaking News:

Berita Sungailiat

Wabup Bangka Ingatkan Pentingnya Muhasabah Diri, Tahan Emosi dan Nafsu untuk Tidak Melukai Sesama

Muhasabah atau introspeksi diri sangatlah penting agar manusia tidak lupa diri.

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Muhasabah atau introspeksi diri sangatlah penting agar manusia tidak lupa diri.

Lupa di mata Pencipta dan lupa di mata sesama. Hal ini menjadi suatu keharusan yang menyadarkan bahwa diri ini sangatlah banyak kelemahan, kekurangan, kesalahan dan aibnya 

Hal ini diungkapkan Wakil Bupati Bangka Syahbudin dalam ceramah agama di Masjid Agung Sungailiat. 

"Muhasabah diri atau introspeksi diri bisa diartikan dengan kegiatan meninjau atau mengoreksi diri pribadi yang berkaitan dengan perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan dan sebagainya," kata Syahbudin melalui rilisnya, Selasa (12/04/2022).

Baca juga: Kabar Gembira 97 PPPK Guru di Kabupaten Bangka Dilantik Akhir April, 1 Mei 2022 Mulai Tugas

Baca juga: Tim Cheetah Polres Bangka Selatan Tangkap Pengedar Narkoba, 54 Paket Sabu Gagal Diedar di Toboali

Ditambahkannya, semua hal negatif pada diri, harus dikoreksi secara teliti dalam renungan mendalam. 

"Kita korek semua kesalahan, kelemahan, dan aib kita. Fokus kita hanya tertuju untuk menilai diri yang lemah ini. Diri yang sering dan banyak lalainya. Diri yang adakalanya terbakar emosi, sehingga ada yang dilukai. Diri yang tak aktif mengabdi, sedikit kerja, dan banyak bicara. Ke semua ini, kita kecam sejadi-jadinya di hadapan Allah SWT. Semua hal buruk tadi kita buang jauh-jauh dengan taubat nasuha yang kita panjatkan, dan yang baik-baik pada diri kita pertahankan dan kita perbanyak lagi dalam bentuknya yang beragam dalam kehidupan kita," ungkap Syahbudin.

Ia menilai, betapa pentingnya muhasabah ini dilakukan. Betapa dahsyat efek positif yang bisa diraih, terlebih di bulan agung nan mulia ini, yakni bulan suci Ramadan.

"Setidaknya, melalui muhasabah tadi, kita bisa  menjadi semakin sadar akan kelemahan dan kekurangan kita. Kita menjadi insaf akan kesalahan yang selama ini kita lakukan.  Kita  menjadi  sangat  berhati-hati  dalam  berbuat, bertindak, berkata, dan memutuskan suatu perkara. Kita menjadi lebih  fokus  kepada kekurangan  diri  sendiri,  bukan kepada kekurangan orang lain," katanya.

Dilanjutkannya, dengan muhasabah bisa menjadi lebih lembut dan santun dalam memperlakukan orang lain, lebih aktif, kreatif, dan semangat untuk melakukan hal-hal yang lebih baik dalam pengabdian berbangsa dan bernegara. Dan bahkan, bisa menjadi lebih ideal dan lebih sempurna lagi dalam beribadah, mengabdi kepada Allah SWT. 

"Inilah di antara beberapa keutamaan muhasabah  diri  yang  bisa  didapatkan  sejalan  dengan kejernihan hati dan pikiran masing-masing," ujarnya.

Baca juga: Amri Cahyadi Kesal, Desak Gubernur Copot Kepsek SMKN 4 Pangkalpinang, Ini Penyebabnya

Baca juga: Gilang Ramadhan Hafiz Quran yang Hafal 6 Juz, Kemauan dan Tekad adalah Kuncinya

Oleh karena itu, Syahbudin mengajak untuk memperbanyak introspeksi diri serta maksimalkan momentum bulan Ramadan ini menjadi bulan introspeksi.  

"Kita manfaatkan, malam-malam mulia yang kita punya dengan muhasabah terbaik yang kita suguhkan di hadapan Allah SWT. Kita sebut ini aib kita, ini kekurangan kita, seraya kita taubatkan diri dengan istighfar mendalam kita kepada Allah SWT. Dengan demikian, gelar mukmin dan takwa, benar-benar bisa disematkan pada pribadi kita," ucapnya.

Dikatakannya, sejalan dengan pembahasan ini, dan terkait pula dengan tugas dan jabatan yang sedang kami jalani sekarang, fokus menatap aib, kekurangan, dan kelemahan diri kita dalam renungan malam yang kita punya. 

"Tahan emosi dan nafsu kita untuk tidak melukai sesama, baik dengan lisan, tangan, atau melalui smartphone yang kita punya. Kita jadikan gawai-gawai kita itu  untuk memaksimalkan tali silaturahmi dan ikatan persaudaraan sesama kita. Dan kita maksimalkan pemanfaatan handphone kita untuk menunjang suksesnya kinerja dan karya kita. Semoga Allah merahmati kita semua. Aamii yaa Robbal'alamin," pesan Syahbudin.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved