Breaking News:

Info Kesehatan

Berikut Enam Tips Sehat Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil bisa saja menjalankan ibadah puasa asal tidak mempengaruhi janin. Jika ingin berpuasa sebaiknya ibu hamil konsultasi ke dokter.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
Tribun Network
Ilustrasi ibu hamil 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Berpuasa memang menjadi kewajiban bagi Umat Muslim saat Bulan Ramadan. Ibu yang sedang hamil pun bisa saja menjalankan ibadah puasa asal tidak mempengaruhi janin. Jika ingin berpuasa sebaiknya ibu hamil konsultasi lebih dulu ke dokter kandungan. 


"Yang pertama tentunya bagi seorang ibu hamil sebelum memutuskan untuk menjalankan ibadah puasa ada baiknya untuk terlebih dahulu konsultasi memeriksakan kehamilannya kepada petugas kesehatan baik bidan maupun dokter kandungan," ujar dr Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang sekaligus Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Babel, dr M Brizain, SpOG, Rabu (13/4/2022). 


Selain itu, dia mengingatkan ibu yang sedang hamil harus tetap tenang dan hindari stres selama berpuasa.  Penelitian menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa memiliki hormon stres yang lebih tinggi, dan ini dapat berefek buruk terhadap kesehatannya dan janinnya. 


"Hindari mengangkat beban berat atau berjalan terlalu jauh. Jika perlu, kurangi kegiatan rumah tangga yang melelahkan. Jika merasa lelah, cobalah untuk relaks dan beristirahat sejenak," katanya. 


Sementara untuk ibu hamil yang bekerja, periksa kemungkinan apakah kantor dapat mengurangi jam kerja atau memberikan tambahan waktu istirahat selama bulan puasa. 


Berikut enam tips sehat berpuasa untuk ibu hamil menurut dr Brizain meliputi : 


1. Pilihan makanan saat sahur dan berbuka sangat penting bagi ibu hamil konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks  dan serat, seperti gandum utuh, sayuran, dan buah kering. 


2. Hindari makanan manis karena dapat membuat kadar gula darah naik dan turun dengan cepat. Perubahan kadar gula darah yang terlalu cepat dapat menyebabkan lemas dan pusing. 


3. Penuhi kebutuhan protein dari kacang-kacangan, telur, ikan, dan daging yang sudah matang.Batasi makanan tinggi lemak dan makanan siap saji. 


4. Cukupi kebutuhan air minum per hari, yakni sekitar 1,5–2 liter masing-masing pada saat sahur dan berbuka. Hindari minum minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena berisiko menyebabkan dehidrasi. 


5. Ibu hamil yang berpuasa harus tetap waspada terhadap gejala dari kondisi yang mungkin membahayakan janin, seperti pusing, demam, muntah, lemas, lelah, bibir kering, atau merasa sangat haus. 


Berbagai gejala tersebut diketahui dapat menandakan ibu hamil mengalami dehidrasi. 


6. Waspadai juga jika terdapat penurunan berat badan pada ibu hamil yang berpuasa, berkurangnya gerakan janin dalam kandungan, serta rasa nyeri pada perut seperti kontraksi. 


Jika mengalaminya, ibu hamil perlu segera memeriksakan diri ke dokter kandungan. ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved