Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bong Ming Ming Ingin Pelabuhan Tanjungular Jadi Pelabuhan Internasional, Begini Kata Erzaldi

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, menginginkan Pelabuhan Tanjungular  menjadi Pelabuhan Internasional di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Penulis: Riki Pratama | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming. (Bangkapos.com/Riki Pratama) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, menginginkan Pelabuhan Tanjungular  menjadi Pelabuhan Internasional di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

"Insya Allah dengan kepemimpinan nanti dengan bekerja sama dengan beberapa pihak Pelabuhan Tanjungular yaitu pelabuhan pengepul menjadi Pelabuhan Internasional" jelas Bong Ming Ming, kepada wartawan, Rabu (13/4/2022) di Kantor Gubernur Babel.


Rencana tersebut, diaampikan Bong Ming-Ming usai menghadiri, pembahasan nota kesepahaman terkait rencana kerja sama pelaksanaan Kegiatan sarana dan prasara pelabuhan di Babel.


"Bangka Barat ini 80-90 persen merupakan laut dan artinya sesuatu yang paling penting adalah pelabuhan. Kita sebenarnya sudah mempersiapkan pelabuhan  di pasar mentok yaitu pelabuhan lama sebagai pelabuhan penumpang biasa, dan ke depannya akan menjadi pelabuhan untuk pariwisata," lanjutnya. 


Dia menegaskan untuk Pelabuhan Tanjungular sendiri sudah dipersiapkan sebagai pelabuhan pengumpul. "Kita sudah siap untuk wilayah Bangka Barat dan BUMD-nya akan menjadi mengelola pelabuhan untuk Tanjungular sebagai pelabuhan pengumpul sebenarnya sudah menuhi syarat dan tidak ada masalah dan Insya Allah November selesai pembangunannya," harapnya.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung, terus berupaya melakukan percepatan pengembangan sejumlah pelabuhan di Bangka Belitung. Ini dilakukan dalam upaya meningkatkan konektivitas antar daerah.

Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, telah meminta sejumlah instansi terkait intuk dapat mendukung serta bersama-sama mempercepat pengembangan pelabuhan di Babel.


"Jadi untuk pengembangan, pelabuhan ini ada beberapa lokasi yang utama di Muntok, berkaitan dengan rencana reklamasi dan pendalaman pelabuhan Muntok yang tua dan pendalaman Sungai Muntok yang mengakibatkan sedimentasi sehingga banjir," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, kepada wartawan usai rapat, di kantor gubernur, Rabu (13/4/2022).


Dia mengatakan pihaknya telah melakukan pembahasan nota kesepahaman terkait rencana kerja sama pelaksanaan kegiatan sarana dan prasarana pelabuhan, untuk dapat dilakukan secepatnya.

 

"Juga nanti ada reklamasi dilakukan untuk memperindah kota Muntok sebagai daerah wisata. Di samping pendalaman alur untuk pelabuhan Tanjungular yang dilakukan dengan MoU dilanjutkan dengan perjanjian kerjasama," katanya.


Selain Pelabuhan di Bangka Barat, pelabuhan lain yang akan dikembangkan yakni pelabuhan di Belinyu dan Pangkalbalam Kota Pangkalpinag.


"Lokasi kedua pendalaman alur pelayaran di  Balinyu di sini melibatkan PT Timah karena melewati Izin Usaha Pertambangan (IUP). Kita juga melewati IUP dua perusahaan swasta dan rencana pangkalan angkatan laut, kemudiam mendirikan dermaga dan reklamasi juga akan dilakukan," kata Erzaldi.


Dikatakanya, sama halnya dengan pelabuhan di Pangkalbalam, alurnya melewati sejumlah IUP perusahaan tambang timah, yang harus dapat dituntaskan. Sebelum melakukan pengembangan pelabuhan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved