Breaking News:

Kelompok Dasawisma sebagai Sumber Data Capai Keluarga Sehat dan Sejahtera 

Bulan Ramadan tidak menyurutkan semangat 50 orang Ketua Dasawisma Pembinaan Kesejahteraan Keluarga

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: nurhayati
Diskominfo Babel
Kegiatan Sosialisasi Dasawisma dan Pengenalan SI DUMA (Sistem Informasi Terpadu Dasawisma) di Gedung PKK Babel, Rabu (13/4) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bulan Ramadan tidak menyurutkan semangat 50 orang Ketua Dasawisma Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dari tujuh kabupaten/kota untuk mengikuti Kegiatan Sosialisasi Dasawisma dan Pengenalan SI DUMA (Sistem Informasi Terpadu Dasawisma) di Gedung PKK Babel, Rabu (13/4).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi, yang hari itu tampil energik menyapa peserta yang juga tidak kalah energiknya walaupun dalam suasana Ramadan.

"Saya sangat apresiasi semangat Ibu-Ibu yang sudah hadir di sini. Luar biasa, semangat untuk mendapatkan ilmu," ucapnya mengawali sambutan. 

Ketua Melati Erzaldi mengatakan, bahwa tugas pokok Ketua Dasawisma adalah mencatat data anggota keluarga, data ibu hamil dan melahirkan, data kelahiran, data kematian bayi, serta kegiatan lainnya. Data-data tersebut kemudian didata sesuai dengan buku catatan yang telah ditentukan.

"Dengan data yang akurat nantinya, dapat memberikan gambaran yang jelas bagi pemerintah daerah dan stakeholder yang ingin ikut berperan serta aktif di dalam menciptakan keluarga sejahtera lahir dan batin di Babel ini," katanya.

Tidak hanya itu, data ini dikatakannya juga sangat diperlukan untuk pencegahan dan penanggulangan stunting yang menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung.

"Ketua-ketua dasawisma inilah yang nanti akan bersentuhan langsung dengan keluarga-keluarga yang ada di Rukun Tetangga (RT) masing-masing, untuk menciptakan keluarga sehat dan keluarga sejahtera," ungkapnya.

Adapun masing-masing kelompok dasawisma beranggotakan 10 sampai 20 kepala rumah tangga dalam satu RT. 

Oleh karena itu, Ketua Melati Erzaldi berharap peserta dapat mengikuti kegiatan dengan sebaik-baiknya, sehingga apa yang disampaikan narasumber dapat menambah ilmu dan wawasan serta dapat berguna dalam rangka pencapaian data dasawisma yang akurat. 

"Semoga apa yang diperoleh hari ini menjadi barokah," pungkasnya.

Peserta yang hadirpun berkesempatan berdiskusi sekaligus berbagi pengalaman dengan Ketua TP PKK Babel, Melati Erzaldi.

Pengalaman mereka diharapkan Ketua Melati dapat menjadi motivasi bagi peserta yang lain agar senantisaa tulus dan ikhlas memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Terakhir, Ketua Melatipun memberi apresiasi kepada peserta yang sudah lebih dari 15 tahun mengabdikan diri melayani sebagai kader PKK ini.

Usai memberi apresiasinya, peserta kegiatan dibekali ilmu oleh narasumber dengan materi "Pengisian Dasawisma dan aplikasi Si DUMA oleh Etty Asnila, Darsini, dan Siska Arabianti. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved