Breaking News:

Info Kesehatan

Menu Sahur dan Berbuka Puasa yang Tepat ala dr Sophika  

Makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan dengan gizi seimbang dan lengkap yakni makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
(bangkapos.com/Dok)
Buah kurma 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Berpuasa di Bulan Suci Ramadan selain mendapatkan pahala, baik juga untuk kesehatan tubuh. Pasalnya puasa dapat membantu detoksifikasi, penurunan berat badan, penurunan kadar lemak dalam darah.

Kegunaan lainnya dapat untuk perbaikan kadar gula darah dan tekanan darah, keseimbangan hormon terjaga, kadar hormon endorfin akan meningkat, perbaikan alertness dan kesehatan mental bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Dokter Gizi Klinik RSUD Depati Bahrin Sungailiat, dr Sophika Umaya, M.Gizi, SpGk mengingatkan harus menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur sesuai dengan waktunya.

"Makanan yang baik dikonsumsi adalah makanan dengan gizi seimbang dan lengkap yakni makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral yang bervariasi, dengan tetap memperhatikan jumlah kalori sesuai kebutuhan masing-masing individu," ujar dr Sophika, Minggu (17/5/2022).

Pada saat berbuka: konsumsi makanan atau minuman yang manis (manis yang alami) dalam porsi yang sesuai atau berbuka memakan makanan berkarbohidrat sederhana yang dapat diserap cepat,

Misalnya kurma, buah potong yang mengandung banyak air atau agar-agar buah, agar gula darah setelah seharian berpuasa cepat kembali naik, dan energinya terpenuhi kembali.

Setelah Salat Magrib bisa dilanjutkan dengan makanan berkandungan nutrisi seimbang dan lengkap (ada sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta serat).

"Lebih disarankan konsumsi sayur dan buah yang bervariasi saat sahur dan berbuka, terutama yang memiliki kandungan air tinggi. (semangka, melon, jeruk, belimbing, tomat, timun, blewah, timun suri, dan lain-lain)," jelas dr Sophika.

Namun ada yang perlu diperhatikan, saat berbuka puasa, hindari makanan yang terlalu manis atau batasi makanan atau minuman yang mengandung gula sederhana.

"Jangan dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, misalnya kue-kue manis, biskuit, roti dengan selai coklat, teh manis, sirup, susu kental manis. Hindari atau batasi makanan terlalu asin, terlalu pedas, terlalu berminyak (gorengan) dan berlemak," katanya

Selain itu, tidak mengonsumsi minuman berkafein dan berkarbonasi karena merupakan diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi.

Adapun rekomendasi jenis makanan berbuka puasa dan sahur yang tepat meliputi :

1. Makanan sesuai kaidah gizi lengkap seimbang saat berbuka puasa dan tidak berlebihan (mengingat saat berbuka sering sekali bertemu dengan menu tinggi gula dan lemak), serta jangan meninggalkan sahur, konsumsi sahur sedekat mungkin dengan Subuh.

2. Saat sahur, berikan makanan yang mengenyangkan dan padat nutrisi yang mengandung karbohidrat (utamakan pilihlah karbohidrat komplek karena mengandung vitamin, mineral dan serat lebih banyak, dicerna lebih lambat, gula darah dilepaskan lebih lama dan stabil/tidak cepat turun selama puasa, rasa kenyang lebih lama, pencernaan lebih sehat), mengandung serat, protein dan lemak baik yang cukup.

Sumber karbohidrat komplek bisa didapat dari nasi merah/nasi coklat/nasi hitam/kentang dengan kulitnya/roti gandum/oatmeal/sereal berserat tinggi.

Untuk protein, lemak dan vitamin diperoleh dari ikan/ayam/telur/daging. Jangan lupa tambahkan sayuran dan potongan buah untuk tambahan asupan serat, vitamin dan mineralnya.

3. Jangan lupa untuk konsumsi cairan yang cukup, 8 gelas air per hari di bulan puasa (1 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setelah Salat Magrib, 1 gelas setelah makan malam, 1 gelas setelah Salat Isya, 1 gelas setelah Salat Tarawih, 1 gelas sebelum tidur, 1 gelas setelah bangun sahur, 1 gelas selepas sahur)

4. Saat berbuka puasa sebaiknya hindari makanan yang kaya kalori, gula sederhana, terlalu pedas, atau digoreng dengan minyak terlalu banyak. ( Bangkapos.com/Rilis/Cici Nasya Nita)
 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved