Breaking News:

Menparekraf Sandiaga Uno Prediksi Mudik Lebaran Bisa Tingkatkan Perputaran Ekonomi Hingga 25 Persen

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran 2022 akan mencapai Rp72 triliun.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan peninjauan ke sentra IKM olahan laut kampung Nelayan Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu (20/4/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Menparekraf) Sandiaga Uno memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran 2022 akan mencapai Rp72 triliun atau meningkat sebesar 20-25 persen.

Angka tersebut diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran tahun ini cukup panjang.

"Saya melihat bahwa kuartal kedua ini kita bisa meningkat 20-25 persen dibanding kuartal sebelumnya year on year. Karena saya lihat penanganan pandemi sudah jauh lebih baik, protokol kesehatan juga sudah sangat ketat dan vaksinasi juga sudah tinggi," kata Sandiaga kepada awak media usai melakukan peninjauan ke sentra IKM olahan laut kampung Nelayan Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu (20/4/2022).

Menurutnya, ini sebagai bentuk selama dua tahun pemerintah menyelamatkan sisi kesehatan dan sekarang bertransisi ke sisi ekonomi.

Kendati, sejumlah kue lebaran seperti kue kering, dan termasuk IKM olahan laut kampung Nelayan Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, juga mengeluhkan harga bahan pokok yang sudah tinggi, apalagi minyak goreng sehingga membuat harga jual kue ikutan naik.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan peninjauan ke sentra IKM olahan laut kampung Nelayan Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu (20/4/2022).
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat melakukan peninjauan ke sentra IKM olahan laut kampung Nelayan Kurau, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rabu (20/4/2022). (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Baca juga: Tak Hanya Belitung, Sandiaga Uno Ingin Pulau Bangka Juga Jadi Bagian Meriahkan G20

Baca juga: Menparekraf Resmikan Ruang Kreatif Melati, Sandiaga Uno: Mudik Lebaran Momen untuk UMKM

Sandiaga menegaskan, pihaknya akan tetap optimis tahun ini ekonomi lokal bisa kembali bangkit, dengan memanfaatkan momen libur lebaran.

"Pemerintah sudah melakukan gerak cepat untuk menghadirkan minyak goreng curah yang digunakan untuk proses produksi, sedangkan untuk harga minyak yang lain menyikapi ini kami harap akan ada langkah-langkah inovasi dan subtitusi," sebutnya.

Menurutnya, ekonomi kreatif ini dekat sekali dengan pariwisata, dan sebelumnya dikenal dengan ekonomi ekstraktif kemudian ia ingin sekarang mengajak seluruh masyarakat menyusun suatu transisi menuju ekonomi kreatif.

"Ekonomi kreatif itu adalah masa depan Indonesia, dan tentunya masa depan Bangka Belitung, untuk membangkitkan ekonomi para UMKM lokal kita, harapannya tidak hanya berjualan di Bangka saja tapi bisa juga ke daerah lain," tuturnya. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved