Breaking News:

DPRD Babel Minta Pasokan Bahan Pokok Mesti Aman Jelang Lebaran, Pemprov Perlancar Distribusi Barang

Pemerintah provinsi diminta memastikan pasokan bahan-bahan pokok harus aman menjelang lebaran 2022. 

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Bangkapos.com/dokumentasi
Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung, Mansah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel), Mansah meminta kepada pemerintah provinsi agar memastikan pasokan bahan-bahan pokok harus aman menjelang lebaran 2022. 

Tak hanya pasokan yang harus aman, harga beli sembilan bahan pokok (sembako) juga mesti stabil. 

"Minggu tadi saat LKPJ Gubernur, kita meminta kawan-kawan Disperindag Babel untuk mengawasi kesiapan bahan pokok kita di bulan puasa dan menjelang lebaran," ujar Mansah, Kamis (21/4/2022). 

Dia mengingatkan hal ini perlu menjadi perhatian, jangan sampai terjadi masalah seperti kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng beberapa waktu lalu. 

"Kita jauh-jauh hari harus mengantisipasi kebutuhan masyarakat, masalah daging juga harus diperhatikan. Kata mereka akan didatangkan daging beku kerbau nanti, kita sampaikan tidak semua masyarakat suka daging kerbau, maka perlu diantisipasi kesiapan daging sapi, jangan sampai ada kendala kemudian harga jadi mahal," katanya. 

Dia berharap Dinas Perdagangan di provinsi untuk berkoordinasi dengan disperindag di kabupaten kota. 

"Informasi yang kita terima dari menteri perdagangan, stok untuk Babel itu 70 persen tercukupi menjelang lebaran. Mereka juga akan memasok kebutuhan menjelang lebaran," katanya. 

Mengenai ini, Komisi II DPRD akan segera menjadwalkan waktu untuk memantau langsung ke lapangan mengenai stok dan harga beli di pasaran. 

"Kami akan menjadwalkan nanti, kami ke pasar-pasar, melihat secara benar di lapangan, kami lihat harga di tingkat pengeceran, minggu-minggu ini hingga tanggal 29 April 2022 mengenai kesiapan pasar," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengatakan pasokan bahan-bahan pokok menjelang lebaran aman. 

"Selama ini kita rutin, disperindag turun ke pasar dua hari sekali bahkan mungkin minggu depan sudah setiap hari turun ke pasar," katanya. 

Dia menyebutkan pemerintah provinsi berusaha untuk memperlancarkan distibusi barang agar bahan-bahan pokok tidak langka. 

"Kalau terjadi kelangkaan barang pasti harga naik, itu yang tidak kita inginkan. Jadi kita kebijakannya lancarkan dulu distribusi, sama dengan minyak goreng curah, kita lancarkan. InsyaAllah aman, cuma daging sapi harga belum turun, kita upayakan (pengendalian harga-red)," katanya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved