Breaking News:

Berita Pangkalpinang

DPRD Bangka Belitung Susun Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah, Mansah : Target Selesai Tahun Ini

DPRD Bangka Belitung (Babel) sudah melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pengelolaan keuangan daerah. 

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Anggota Komisi II DPRD Bangka Belitung, Mansah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Bangka Belitung (Babel) sudah melakukan pembahasan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pengelolaan keuangan daerah. 

Pembahasan ini menindaklanjuti Peraturan Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 77 Tahun 2020, Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Perda).

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bangka Belitung (Babel), Mansah menargetkan raperda ini harus selesai tahun 2022 ini. 

"Kami nanti juga akan berkonsultasi ke Kemendagri dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang bersifat lokal. Namun ada beberapa kesulitan daerah yang menurut kami sangat urgen dalam perencanaan," kata Mansah, Selasa (26/4/2022). 

Baca juga: Satu Gudang Bigland Pangkalpinang Hangus Terbakar Diduga dari Tempat Penyimpanan Bahan Kimia

Baca juga: Jadi Target Operasi Tim Gradak Polres Bangka, 22 Paket Sabu Diamankan dari Tangan Pengedar Narkoba

Anggota Komisi II DPRD ini menyebutkan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah masih banyak kekurangan, seperti dari sistem perencanaan pengelolaan, sistem evaluasi dan lainnya. 

"Di DPRD misalnya , kami tidak bisa melaporkan perencanaan kegiatan tahun depan ditahun ini, karena belum tentu sesuai, seperti kami berkunjung ke Kemendagri, ternyata tidak jadi harusnya ke kementerian lain, jadi tidak akan sesuai perencanaan. Inilah salah satu hal yang bakal kami tanyakan ke Kemendagri dalam waktu satu bulan kedepan ini,"  jelas Mansah.

Baca juga: Ayam Petelur di Pangkalpinang Mulai Diburu Warga, Harga Naik dari Tahun Sebelumnya

Baca juga: Wakil Gubernur Bangka Belitung Sebut Jabatan Pj Gubernur Tak Boleh ada Intrik Politik

Anggota dewan daerah pilih Bangka Barat ini mengatakan kemampuan keuangan daerah Bangka Belitung hari ini berada di posisi rendah, maka harus ada upaya untuk meningkatkan kemampuan keuangan daerah menjadi menengah atau tinggi. 

"Pendapatan daerah baru sekitar Rp 400 miliar atau rendah, disinilah upaya kita bagaimana bisa ke tingkat menengah atau tinggi," katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved