Breaking News:

Human Interest Story

Kisah Haikal Tahfiz Qur'an 30 Juz, Berkeinginan Melanjutkan Pendidikan di Pakistan

Menjadi penghafal Al Qur'an adalah suatu keinginan yang mulia. Tak semua orang terpilih untuk menghafalkan ayat-ayat kalamullah tersebut.

Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Haikal Febrian Al-Faliq santri di Ponpes Manba'ul Ulum, Tua Tunu, Gerunggang Pangkalpinang telah menghafal Al Qur'an 30 juz. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Menjadi penghafal Al Qur'an adalah suatu keinginan yang mulia. Tak semua orang terpilih untuk menghafalkan ayat-ayat kalamullah tersebut.

Kesempatan ini berhasil diraih oleh Haikal Febrian Al-Faliq. Di usia 17 tahun, remaja yang sejak kecil bercita-cita menjadi seorang penghafal Al Qur’an ini sudah menghafal keseluruhan 30 juz Al Quran dalam kurun waktu empat tahun.

Haikal menimba ilmu di Pondok Pesantren (Ponpes) Manba'ul Ulum, Tua Tunu sejak tahun 2018 dan telah berlangsung selama 4 tahun lamanya.

Hafidz asal Sempan Kecamatan Pemali ini, menceritakan di Ponpes Manba'ul Ulum inilah dia mulai mendalami ilmu agama, akhlak serta berdakwah. Lantas dia memanfaatkan kesempatan itu dengan baik.

"Di pesantren ini saya banyak belajar ilmu agama ,akhlak sebagimana akhlak Rasullullah dan di ponpes inilah saya mengenal dakwah. Dengan mengenalnya tugas dakwah ini saya mengenal mengajak orang sholat dan memperbaiki diri sendiri juga," ungkap Haikal kepada Bangkapos.com Selasa, (26/04/2022) siang.

Sebelum menempuh pendidikan di ponpes, Haikal telah memiliki hafalan surah di juz amma. Namun, walaupun sudah memiliki basic hafalan ia terlebih dahulu tetap diuji kemampuan membaca Al Qur'an sesuai dengan tajwid dan makhrojil hurufnya.

"Pertama saya di pesantren ini setor bacaan dulu, setelah itu ustaz melihat perkembangan bacaan saya," ungkap Haikal.

Setelah tahsin (bacaan) bagus, barulah ia menghafal Al Qur'an yang dimulai dari juz 30, 29, 28 dan seterusnya.

"Setelah itu saya menghafal beberapa surat, yakni surat yasin kemudian juz ama dari an naba sampai an nas. Dan setelah ada perkembangan 1 juz maka melanjutkan juz berikutnya yakni juz 29,28," ujarnya.

Jika telah menghafal sebanyak 30 juz  maka diulang terus sampai melekat hafalannya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved