Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Alhamdulillah Puluhan Guru Honorer sampai Fisabilillah di Pangkalpinang Dapat Insentif Tambahan

Puluhan orang guru honorer Madrasah Ibtidaiah, Madrasah Sanawiah dan Madrasah Aliah serta Fisabilillah di Kota Pangkalpinang dapat insentif.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Puluhan orang guru honorer Madrasah Ibtidaiah, Madrasah Sanawiah dan Madrasah Aliah serta Fisabilillah di Kota Pangkalpinang 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Puluhan orang guru honorer Madrasah Ibtidaiah, Madrasah Sanawiah dan Madrasah Aliah serta Fisabilillah di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung menerima insentif tambahan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di wilayah itu.

Pemberian  santunan kepada 75 orang itu dilakukan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dengan membagikan amplop berwarna putih di Aula Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Rabu (27/4/2022).

Maulan Aklil mengatakan, program santunan tersebut merupakan hasil pengumpulan zakat, infak, sedekah (ZIS) di wilayah Pangkalpinang selama kepengurusan Baznas yang baru berusia 2 bulan 23 hari.

ZIS itu berasal dari berbagai pihak antara lain masyarakat, aparatur sipil negara (ASN), perusahaan, dan unsur lain yang dihimpun dan dikelola secara transparan oleh Baznas.

“Alhamdulillah kita road show (Keliling-Red) terkait Baznas. Kali ini kita mengenai sasaran kepada para guru-guru Madrasah, honorer di Kota Pangkalpinang,” kata Maulan  kepada Bangkapos.com usai kegiatan.

Molen sapaan akrab Wali Kota, dipilihnya guru honorer di lingkungan Kementerian Agama ini lantaran gaji mereka yang cukup memprihatinkan. Karena jumlah nilai nominalnya hanya berkisar Rp3p0 ribu per bulan, itu pun mereka terima berdasarkan peraturan yang baru. Tentunya hal ini tidak sesuai dengan pengabdian yang mereka berikan untuk mencerdaskan generasi penerus.

Begitu pula guru dan fisabilillah yang diberikan insentif tambahan tersebut tidak semuanya, dimana dari 300 orang hanya dapat diakomodasi sebanyak 75 orang saja. Hal itu karena keterbatasan kemampuan dari Baznas.

“Ini karena gaji guru honorer sangat minim sekali, mereka menerima cuma sekitar Rp300.000 per bulan. Ini minum sekali dibandingkan dengan yang lain termasuk dengan fisabilillah,” jelas Molen.

Lebih lanjut sambung dia, pemerintah kota memang memiliki niat untuk menyejahterakan para guru honorer, guru mengaji, guru TPA/TKA di Pangkalpinang. Akan tetapi, karena terbentur dengan peraturan, belum lagi dengan pandemi Covid-19 yang melanda beberapa tahun terakhir.

Oleh karenanya, untuk menutupi kekurangan 225 guru honorer dan Fisabilillah yang belum mendapatkan bantuan, pihaknya melalui Baznas akan berusaha untuk membantu pada tahun 2023 mendatang dengan nominal yang lebih besar. Itu jika Baznas kepengurusan yang baru bisa bertahan dan mampu mengelola keuangan dengan baik dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Kita berupaya tahun ini memang sebisa kita sebatas itu. Besaran insentif yang kita keluarkan hari ini sekitar Rp200.000 per orang. Sama seperti para mustahik kemarin. Mudah-mudahan bisa membantu mereka dalam menghadapi terutama dalam lebaran ini,” ungkap Molen.

Kendati demikian diakui Molen, kepengurusan Baznas baru memang kian menunjukkan tajinya, semua perjuangan yang dilakukan tidak sia-sia. Selama bulan Ramadan ini Baznas bersama stakeholder terkait juga terus mencari dan mensosialisasikan masyarakat yang hendak membayar ZIS.

Bahkan dalam kegiatan fundraising yang dilakukan pada Selasa (26/4) kemarin, Baznas mampu mengumpulkan sebesar Rp200 juta.

Dana yang terkumpul itu nantinya untuk mengentaskan sekitar 20 ribu orang di Pangkalpinang yang masuk ke dalam kategori miskin, dimana 7 ribu orang di antaranya telah terbantu dengan program sosial lain seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT). Maka dari itu, pihaknya saat ini terus melakukan evaluasi data agar tidak ada tumpang tindih dengan bantuan lain.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved