Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung dapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Berangkat Awal Juni Mendatang

Bangka Belitung Dapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Berangkat Awal Juni Mendatang

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bangka Belitung Dapat Jatah 483 Jemaah Haji Berangkat Tahun Ini, Mulai Berangkat Awal Juni Mendatang

Dari total jumlah tersebut, Bangka Belitung (Babel) mendapatkan kuota sebanyak 483 jemaah haji. 

"Babel mendapat jatah 483 jemaah haji, itu setengah dari kuota biasa. Satu orang dari pembimbing KBIH dan dua petugas haji daerah, jadi nanti total 486 orang," kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Bangka Belitung, H Abdul Rohim, Rabu (27/4/2022). 

Menurutnya,  hingga saat ini terdata ada 25 ribuan jemaah haji asal Bangka Belitung yang masuk dalam antrean keberangkatan. 

"Untuk pembagian kabupaten kota, karena tidak ada kuota per kabupaten, hanya ada kuota per provinsi, jadi nanti diambik dari nomor porsi tertinggi, yang duluan daftar, maka tidak sama jumlah antar kabupaten kota," ungkap Abdul Rohim.

Dia menyakini nomor antrean yang nanti berangkat akan bersifat adil, sebab yang duluan daftar yang akan diberangkatkan. 

"Iya nanti yang berangkat usianya di bawah 65 tahun pada saat batas lahirnya itu 8 Juli 1957. Persyaratan seperti biasa pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH), persiapan kesehatan ulang oleh masing-masing dinas kesehatan kabupaten kota," jelas Abdul Rohim.

Dia menambahkan untuk syarat terbang itu jemaah harus sudah vaksin minimal 2 kali dan melampirkan negatif PCR 3x24 jam sebelum berangkat. 

"Persiapan juga, nanti manasik akan tergantung kabupaten kota, karena mereka yang melaksanakan, nanti akan dibuat jadwal bila sudah ada pengumuman resmi dan pelunasan," katanya. 

Untuk keberangkatan jemaah haji Babel pada kloter pertama direncanakan pada tanggal 5 Juni 2022. 

"Tanggal 4 Juni 2022 jemaah haji masuk asrama haji, untuk tanggal 5 Juni 2022 berangkat yang kloter 1. Kita memakai pesawat Arab Saudia, satu kloter 450 orang, artinya yang Babel kelebihan 36 orang maka masuk kloter 2 gabung dengan Palembang,"jelasnya,

Dia mengimbau kepada para jemaah yang hendak berangkat untuk bersyukur karena tahun ini sudah bisa berangkat dan tetap menjaga protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah haji

"Persiapkan kesehatan sebaik mungkin, yang belum vaksin segeralah vaksin. Kedua review manasik dengan membaca buku pedoman yang telah diberikan. Lalu untuk jemaah haji belum berangkat, harus bersabar, karena ini ujian Allah SWT. Karena ini juga ketentuan dari Arab Saudia, semoga bisa menerima dan memahami tentang kebijakan Arab Saudia yang hanya sekian jumlah kuotanya," katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved