Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Makna Lailatul Qodar, Malam Seribu Bulan yang Selalu Dinantikan Umat Muslim

Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Adi Saputra 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lailatul Qadar atau yang kerap disebut sebagai malam seribu bulan atau dikenal menjadi momentum paling dicari-cari di bulan Ramadan.

Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Adi Saputra menyebut, di malam itu, dijanjikan pahala yang setara dengan seribu bulan.

"Yang kita tau dimalam ini banyak sekali faedah-faedah yang harus kita lakukan, bagaimana tentang lail salat di malam hari, mereka yang beribadah di malam itu lebih baik dari pada ibadah sepanjang 1.000 bulan yang tidak ada lailatul qadarnya," kata Adi kepada Bangkapos.com,  Rabu (27/4/2022).

Menurut Adi, Lailatul qadar terdiri atas dua kata "lail" berarti "malam", sedangkan "qadar" memiliki banyak makna salah satunya "memuliakan".

Tidak hanya itu, selain Lailatul qadar kata Adi banyak lagi keutamaan selama bulan ramadan.

Dia menyebut ada tiga doa-doa yang tidak tertolak selama bulan ramadan, yakni doa orang yang berpuasa seharian sampai dengan waktu berbuka, pemimpin yang adil, kemudian doa orang-orang yang dizalimi.

"Maka di bulan ramadan ini selain penuh keberkahan mari kita berdoa, memohon ampun kepada Allah SWT, serta tak lupa mendoakan sesama muslim dan menunaikan zakat," ungkap Adi.

Dia juga mengajak untuk tetap meningkatkan pembacaan Al-Quran, dan amal kebaikan lainnya.

"Para ulama mengajarkan kita di bulan ramadan ini untuk terus belajar-belajar banyak hal, selalu rendahkan diri kepada Allah. Mari kita bersungguh-sungguh di hutan ramadan ininuntuk beribadah," pesan Adi.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved