Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bersyukurlah Masih Bertemu Ramadan, Ini Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadan 

Umat Islam yang masih mendapatkan kesempatan ibadah bulan Ramadan patut bersyukur. Untuk itu sudah sepatutnya memperbaiki kualitas ibadah

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Muhamad Tohir 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Umat Islam yang masih mendapatkan kesempatan ibadah bulan Ramadan patut bersyukur. Untuk itu sudah sepatutnya memperbaiki kualitas ibadah Ramadan tahun ini karena belum tentu bisa bertemu dengan Ramadan tahun depan. 

"Bertemu kembali dengan bulan ramadan adalah sebuah anugerah dan nikmat terbesar dari Allah SWT, coba kita lihat dipenghujung ramadan ini apa yang sudah kita lakukan, diisi dengan apa ramadan kita, sudah baik atau belum kita mengisi kegiatan selama ramadan tahun ini," kata Dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Muhamad Tohir.

Kemudian, terkait sedekah merupakan salah satu perwujudan syukur atas karunia Allah SWT yang telah diberikan kepada kita. Bahkan disebutkan pintu surga terbuka bagi orang-orang ikhlas yang memberikan hartanya di jalan Allah maupun kepada sesama yang tengah dalam kesusahan.

Sungguh dahsyat manfaat dari bersedekah hingga dijanjikan pintu spesial untuk masuk ke dalam surga Allah.

Lantas bagaimana terkait sedekah di bulan suci Ramadan?

Muhamad Tohir menyebut, perumpamaan orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah, maka Allah beri ganjaran seumpama menanam sebuah biji yang tumbuh bercabang dan masing-masih cabang tumbuh 100 buah itu lah sedekah.

Dia menegaskan, Allah melipat gandakan orang-orang yang bersedekah dan Allah itu maha luas rahmatnya, maha luas segala rizkinya.

"Rasulullah selalu mengajarkan kita untuk bersedekah apalagi bersedekah di bulan ramadan ini, ketika di zaman Khalfiah Umar Bin Abdul Aziz antusias mereka dalam bersedekah sehingga orang-orang yang menerima sedekah, infaq, kemudian zakat tidak ada lagi. Saking semuanya bersemangat untuk saling berbagi dan itu adalah keberkahan sedekah," ungkap Tohir.

Menurut Tohir, orang yang bersedekah bukan mengurangi hartanya tapi justru akan memperbanyak hartanya..

"Allah akan balas semua sedekah teman-teman, jadi jangan takut justru dengan sedekah lah akan membersihkan harta teman-temanku," sebutnya.

Dia menambahkan, bagi masyarakat yang ingin bersedekah, atau melaksanakan zakat dan infaq bisa juga melalui pengurus Lazismu Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

"Insyaallah akan kami saluran ke penerima yang lebih layak dan penerima yang sesunguhnya, dan bapak ibu yang bersedekah melakui Lazismu Unmuh Babel ini semoga berkah, rezekinya makin dilancarkan dan dimudahkan," harapTohir..

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved