Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ingin Maksimalkan Pendapatan Wajib Pajak, Pemprov Bangka Belitung Kembali Buka Pemutihan Pajak

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung, M.Haris mengatakan, terdapat belasan ribu Wajib Pajak (WP) yang menunggak pajak.

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman, meresmikan gerai Samsat di Transmart Pangkapinang, foto diambil, Kamis (28/4/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Bangka Belitung, M.Haris mengatakan, terdapat belasan ribu Wajib Pajak (WP) yang menunggak pajak kendaraan bermotor di Samsat yang berada di Bangka Belitung.

"Sejak Samsat berdiri, ada belasan ribu wajib pajak yang menunggak pajak kendaraan bermotor, belasan ribu ini bukan se-Babel ya, tapi di setiap Samsat," kata Haris, ketika hadir meresmikan Gerai Samsat di Transmart, Kamis (28/4/2022) bersama Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Dia menegaskan, untuk dapat memungut wajib pajak, agar dapat membayar pajak, Pemprov Babel melalui, Bakuda mengadakan pemutihan pajak dimulai 25 April hingga 29 Juli 2022.

"Pemutihan ini selama empat bulan, gratis denda Pajak Kendaraan bermotor, Bea Balik Nama dan BBNKN Mutasi masuk dari luar provinsi," ungkapnya.

Baca juga: Proyek PPP Pinjaman dari PT SMI Rp 32,9 Miliar Selesai Dibangun, Gubernur Babel Minta Segera Dipakai

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Melambung, Permintaan Meningkat Maskapai Penerbangan Tambah Ekstra Flight

Mantan Sekwan DPRD Bangka Belitung ini, berharap melalui program pemutihan ini, dapat membangkitkan gairah masyarakat untuk membayar pajak kendaraanya.

"Kalau kita total tunggakan wajib pajak belasan ribu motor ini bisa mencapai puluhan miliar disetiap Samsat dan ini selalu menjadi catatan target kita," jelasnya.

Dikatakan Haris, untuk dapat menggaetkan wajib pajak bayar pajak. Ada beberapa kemudahan, seperti Samsat setempoh Jemput bola samsat, Samsat keliling.

"Sekarang masyarakat yang ingin bayar pajak semakin mudah, karena tidak harus di samsat saja, tapi bisa di gerai gerai samsat yang ada di pusat-pusat perbelajaan," imbuhnya.

Baca juga: H-4 Lebaran, Pintu Kedatangan Bandara Depati Amir Mulai Dipadati Pemudik, Sehari 4 Ribuan Penumpang

Senada, Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, pemutihan ini merupakan bagian untuk mempermudahkan dan membantu masyarakat bayar pajak.

Kemudahan yang diberikan adalah dengan menyediakan gerai Samsat di Transmart Pangkapinang.

"Bayangkan mereka bisa bayar pajak Sabtu dan Minggu di mall, tidak susah lagi ajak keluarganya sambil jalan-jalan di Transmart mall, ini akan terus kita kembangkan," kata Erzaldi.

Erzaldi, mengatakan pemutihan dilakukan pemerintah daerah sebagai upaya membiasakan masyarakat agar dapat dengan mudah membayar pajak.

"Kita harus bantu masyarakat kita, untuk meringankan mereka maka dilakukan pemutihan pajak ini," harapnya. ( Bangkapos.com/Riki Pratama)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved