Breaking News:

Rohana, Si Gadis yang Diasuh Wanita Tionghoa Sejak Bayi Akhirnya Dapat Kewarganegaraan Malaysia

Rohana dikabarkan telah ditinggal di Malaysia oleh ibu kandungnya asal Indonesia sejak berusia dua bulan. Ibu Rohana menikah dengan seorang pria...

Bernama
Rohana Abdullah meneteskan air mata bahagia saat disaksikan ibu angkatnya Chee Hoi Lan, usai mendapat status kewarganegaraan Malaysia dari Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Hamzah Zainudin di Putrajaya, Jumat (29/4/2022). 

BANGKAPOS.COM, KUALA LUMPUR -- Seorang gadis berusia 22 tahun yang ditinggal ibu kandungnya kembali ke Indonesia saat masih bayi, akhirnya mendapatkan kewarganegaraan Malaysia.

Adalah Rohana Abdullah, gadis berusia 22 tahun yang ditinggal ibu kandungnya kembali ke Indonesia saat masih bayi, akhirnya mendapatkan kewarganegaraan Malaysia.

Selama di Malaysia, Rohana dirawat oleh seorang perempuan Tionghoa bernama Chee Hoi Lan yang kini berusia 83 tahun.

Diberitakan Bernama, Rohana meneteskan air mata kebahagiaan ketika menerima surat pemberian status kewarganegaraan Malaysia dari Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Seri Hamzah Zainudin pada Jumat (29/4/2022).

Setelah menerima surat itu, dia kembali ke tempat duduknya dan memberikan pelukan erat kepada ibu angkatnya Chee Hoi Lan, sebelum keduanya meninggalkan acara.

Baca juga: Disambut Bak Pahlawan, Inilah Sosok Joko Suranto yang Tajir Melintir, saat Mudik Jadi Omongan

Baca juga: 12 Bacaan Doa Paling Dahsyat Dalam Al Quran, Termasuk Mendatangkan Harta Sebumi Ilmu Selangit

Baca juga: Dikira Sedang Layani Suami saat Mati Lampu, Ibu Muda Syok Saat Tahu Ternyata Sosok Ini

Baca juga: Di Indonesia Cuma Lalapan, Ilmuwan Syok Setelah Teliti Daun Kemangi, Ada Manfaat Luar Biasa Ini

Baca juga: Andrew Hill, Si Tentara Bayaran asal Inggris Ditangkap Pasukan Rusia, Kini Rindu Anak dan Istri

Menurut Hamzah, saat berada di atas panggung untuk menerima surat tersebut, Rohana mengaku tersentuh dengan prosesi tersebut.

Rohana Abdullah, 22, (kiri) berfoto bersama ibu angkatnya Chee Hoi Lan, 83. Rohana adalah gadis yang sejak kecil ditinggal ibu kandungnya kembali ke Indonesia.
Rohana Abdullah, 22, (kiri) berfoto bersama ibu angkatnya Chee Hoi Lan, 83. Rohana adalah gadis yang sejak kecil ditinggal ibu kandungnya kembali ke Indonesia. (HARIAN METRO/Amirudin Sahib)

“Di atas panggung, dia (Rohana) menangis karena sudah lama menunggu keputusan terkait permohonan kewarganegaraannya,” ungkap Hamzah.

“Dia mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan saya memberi tahu dia bahwa kami memberikan kewarganegaraan kepada individu yang memenuhi syarat,” kata Hamzah tentang reaksi Rohana setelah menerima surat itu.

Rohana adalah salah satu dari 34 penerima berusia antara 5-24 tahun yang menerima kewarganegaraan Malaysia pada prosesi acara yang diadakan di Kementerian Dalam Negeri Malaysia.

Pasal 15A Konstitusi Federal Malaysia memberikan kekuasaan khusus bagi pemerintah federal untuk mendaftarkan seseorang yang berusia di bawah 21 tahun sebagai warga negara.

Menyita perhatian publik

Rohana Abdullah (tengah), berfoto bersama ibu kandungnya Salimah Osman (kanan) dan ibu angkatnya Chee Hoi Lan di Malaysia.
Rohana Abdullah (tengah), berfoto bersama ibu kandungnya Salimah Osman (kanan) dan ibu angkatnya Chee Hoi Lan di Malaysia. (HARIAN METRO/Yusmizal Dolah Aling)

Kisah Rohana sempat menjadi perhatian publik di Malaysia pada awal tahun ini karena dia yang merupakan seorang muslim berhasil dirawat dan dibesarkan oleh sosok Chee Hoi Lan yang berbeda ras dan agama.

Baca juga: Mantan Pilot Jet Tempur Amerika Tegaskan NATO Bisa Hancurkan Pasukan Rusia di Ukraina dengan F-35

Baca juga: Inilah Bacaan Doa Ketika Alami Mimpi Buruk saat Tengah Malam, Lengkap Arab dan Terjemahannya

Baca juga: Rusia Ternyata Miliki Daftar 100 Tentara Bayaran Asal Inggris yang Ikut Perang Membela Ukraina

Baca juga: Umur Bukan Jadi Penghalang, Pria 73 Tahun ini Punya 11 Istri & 30 Anak, Tersebar di Seluruh Provinsi

Status kewarganegaraan gadis keturunan Indonesia yang tinggal di "Negeri Jiran" itu juga menjadi sorotan. Pasalnya, Rohana mengaku belum memiliki status kewarganegaraan di Malaysia.

Rohana bahkan sempat dihubungi langsung oleh Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri Yakob yang menyampaikan komitmen siap membantu mengurus kewarganegaraannya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved