Breaking News:

Kebijakan Malaysia Bak Tampar Indonesia yang Batal Gratiskan Tol Meski Macet Lebih dari 1 Km

Kebijakan Malaysia Bak Tampar Indonesia yang Batal Gratiskan Tol Meski Macet Lebih dari 1 Km

Editor: M Zulkodri
infokomputer.grid.id
Kemacetan di pintu Tol 

BANGKAPOS.COM---Kabar gembira bagi Anda para pemudik, jalan tol diberlakukan gratis selama mudik Lebaran, termasuk arus balik nanti.

Eits, tunggu dulu, sayangnya itu bukan di Indonesia, melainkan di negeri jiran Malaysia!

Rupanya warga Malaysia yang mudik Lebaran 2022, menikmati tarif yang lebih murah, bahkan ada yang digratiskan di 30 jalan raya nasional.

Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengatakan bahwa diskon dan pembebasan tol tersebut diperkirakan menghemat para pengendara hingga RM77,1 juta.

Menurutnya, operator jalan tol yang akan menanggung biaya tersebut.

Menurut Ismail, mengutip dari Malay Mail, Rabu (27/4),

“Sejalan dengan fase transisi menuju endemi sejak 1 April 2022 dan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri, pemerintah telah sepakat memberikan tarif tol gratis  dan diskon bagi keluarga Malaysia.”

Kemacetan yang terjadi saat mudik lebaran 2022
Kemacetan yang terjadi saat mudik lebaran 2022 (kompas.com)

Bagaimana dengan di Indonesia?

Anda bisa mengamati arus mudik Lebaran melalui media televisi yang menayangkan kemacetan  di jalan tol.

Banyaknya volume kendaraan yang melakukan mudik Lebaran lebih dari biasanya apalagi setelah dua tahun pemerintah melarang mudik.

Apa yang dilakukan di negeri jiran Malaysia bak tampar Indonesia yang gagal gratiskan tol meski macet hingga lebih dari 1 km.

Kebijakan tarif tol gratis saat terjadi kemacetan di jalan tol belum diterapkan dalam hal ini, padahal kemacetan saat mudik Lebaran 2022 ini terjadi lebih dari 1 kilometer.

Adita Irawati sebagai Juru Bicara Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa kebijakan tarif tol gratis bakal diterapkan jika kemacetan terjadi persis di pintu tol.

Menurut Adita, kemacetan yang terjadi seperti yang kita lihat di Tol Cipali itu disebabkan adanya kepadatan kendaraan di rest area.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved