Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bangka Belitung Memasuki Musim Pancaroba, Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Babel akan menuju ke musim kemarau, musim pancaroba merupakan musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
Kasi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas 1 Pangkalpinang, Kurniaji. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kondisi cuaca beberapa hari terakhir saat lebaran, kerap kali hujan dengan intensitas tertentu.

Seksi data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang, Kurniaji, mengatakan Bangka Belitung sedang berada pada musim pancaroba.

Pasalnya Babel akan menuju ke musim kemarau, musim pancaroba merupakan musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Kita masih pada musim pancaroba, kondisi cuaca seperti ini akan berlangsung sampai hingga periode pancaroba. Musim kemarau diprakirakan mulai pada Dasarian I atau II Juni," ujar Kurniaji, Kamis (5/4/2022).

Lebih lanjut, dia menyebutkan pada musim pancaroba akan terjadi peluang hujan dengan intensitas acak atau ringan hingga lebat dengan cakupan yang sempit serta periode yang singkat namun berulang akan sering terjadi hingga pertengahan bulan Mei.

"Selama musim pancaroba potensi hujan deras yang disertai dengan angin kencang dan petir masih cukup tinggi. Hanya saja cakupan wilayah hujannya cenderung lebih sempit dan terpecah-pecah, berulang dan berlngsung dengan periode singkat. Selain itu, puting beliung juga tinggi di periode seperti ini," jelasnya.

Mengenai potensi hujan lebat hingga angin kencang, BMKG Pangkalpinang selalu menginformasikan kepada masyarakat update cuaca di kanal sosial media baik facebook dan WhatsApp grup.

"Kami imbau selalu pantau informasi cuaca terutama produk nowcasting sehingga lebih up to date terhadap kondisi cuaca yg akan terjadi 1-3 jam ke depan dan tidak keluar rumah jika sudah melihat kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti langin mendung gelap dan terpaan angin yang cukup kencang," katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved