Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Sebelas Ribu Penumpang Lakukan Arus Balik dari Pelabuhan Pangkalbalam  

rus balik pemudik Lebaran dari luar daerah menuju Pulau Bangka mulai ramai. Setidaknya pergerakan penumpang yang kembali dari Pulau Jawa dan Belitung.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sejumlah calon penumpang kapal cepat Express Bahari tujuan Tanjung Pandan Belitung saat menenteng sejumlah barang bawaannya, dari Pelabuhan Pangkalbalam, Minggu (8/5/2022) siang. Sejak tiga hari terakhir lonjakan penumpang arus balik terjadi di pelabuhan itu. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Arus balik pemudik Lebaran dari luar daerah menuju Pulau Bangka mulai ramai. Setidaknya pergerakan penumpang yang kembali dari Pulau Jawa dan Pulau Belitung ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Pangkalbalam, terus menunjukkan peningkatan.


Kepala Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pangkalbalam, Ferdiansyah mengatakan, sejak H+3 hingga H+5 Lebaran terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan. 

Hal itu sesuai prediksi pihaknya dimana lonjakan arus balik akan terjadi mulai tanggal 6,7 dan 8 Mei 2022. Setidaknya sudah sekitar 11.178 orang telah menyebrang dan tiba di Pelabuhan Pangkalbalam dan Pelabuhan Belinyu.

“Penumpang arus balik di Tahun 2022 ini sampai dengan sekarang (8/5) berjumlah 11.178 orang, total itu terdiri penumpang berangkat dan tiba di Pelabuhan Pangkalbalam,” kata dia kepada Bangkapos.com, Minggu (8/5/2022).

Ferdiansyah menjelaskan, di antara total 11.178 orang itu terdiri dari 5.066 orang penumpang yang tiba dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung dan Pelabuhan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Hal itu berarti masih ada sekitar 20.508 orang belum kembali ke Pulau Bangka, setelah pada arus mudik sebanyak 25.574 orang meninggalkan Pulau Bangka.

Sedangkan penumpang yang berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam ke tiga Pelabuhan tujuan berjumlah 6.112 orang. Masih sekitar 11.286 orang yang mudik ke Pulau Bangka belum melakukan arus balik, setelah 17.398 orang melakukan mudik sejak H-15 hingga H-1 lebaran.

“Puncak arus balik khusus di Pelabuhan Pangkalbalam dan Belinyu itu berada di tanggal 5,6 dan 7 Mei. Tiga hari tersebut tercatat penumpang yang datang dan berangkat berjumlah sekitar 5 ribu orang per hari, itu akumulasi dari awal posko,” terang Ferdiansyah.

Sambung dia, sejak H+3 pada Kamis (5/5) sedikitnya tercatat 739 orang datang dan berangkat dari Pelabuhan Pangkalbalam, lalu pada Jumat (6/5) tercatat 610 orang dan pada Sabtu (7/5) sebanyak 729 orang. Dimana pada tiga hari tersebut arus penumpang dapat dikategorikan padat.

“Jadi bisa dikatakan kita melayani penumpang terpadat selama tiga hari terakhir. Dibandingkan dengan H+1 dan H + 2,” ujarnya.

Tujuan Tanjung Pandan Paling Banyak

Ferdiansyah berujar, selama arus balik load factor atau jumlah penumpang dan kendaraan yang diangkut oleh kapal dibandingkan dengan kapasitas yang disediakan mencapai 95 persen. Terutama kapal cepat jenis Express Bahari yang melayani rute Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung.

Dari kapasitas sekitar 400 orang, kapal tersebut mampu mengangkut sekitar 370 orang dalam sekali jalan dari Pulau Bangke ke Pulau Belitung. Sedangkan kebalikannya dari Pulau Belitung ke Pulau Bangka cenderung sedikit hanya sekitar 75 persen.

“Memang saat ini didominasi paling banyak ke Tanjung Pandan, dengan kapasitas kapal sekitar 400 orang dan mencapai 95 persen diangkut. Karena rata-rata banyak juga orang Pulau Bangka yang bekerja di Pulau Belitung,” ucapnya.

Sementara itu kata Ferdiansyah, untuk penumpang dan kendaraan yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta menggunakan kapal jenis roll on roll off atau Ro-Ro tercatat sebanyak 430 orang pada Sabtu (7/5) kemarin.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved