Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kasus DBD di Bangka Barat Melandai, Dinkes: Jangan Ada Jentik Nyamuk di Sekitar Rumah

Walaupun kemungkinan dapat bertambah, namun trendnya mengalami penurunan jika dibandingkan pada April dengan 45 kasus DBD.

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Tim gabungan melakukan fogging di lorong pertama Pasar Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Memasuki bulan Mei 2022, kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Bangka Barat melandai dengan hanya satu kasus saja yang kini sudah terlaporkan.

Jumlah tersebut walaupun kemungkinan dapat bertambah, namun trendnya mengalami penurunan jika dibandingkan pada April dengan 45 kasus DBD.

"Untuk saat ini melandai, saat ini baru satu kasus di Kecamatan Muntok. Kondisi DBD saat ini memang khususnya di bulan Mei ada penurunan, sampai dengan hari ini termonitor sudah sangat melandai," ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, Putra Kusuma pada Senin (9/5/2022).

Namun walaupun saat ini terjadi penurunan kasus DBD, untuk total kasus DBD di Kabupaten Bangka Barat sejak Januari hingga kini setidaknya sudah kami terdapat 214 kasus.

Putra Kusuma menegaskan untuk masyarakat, diimbau untuk selalu memastikan lingkungannya atau genangan air tidak ada jentik nyamuk.

"Fokusnya DBD itu adalah masyarakat memastikan, tidak ada jentik-jentik disekitar rumah itu menjadi kunci itu. Masyarakat juga harus bisa memahami, bahwa kebersihan kolektif yang dibutuhkan sebenarnya. Kalau tidak ada jentik nyamuk, maka tidak ada potensi ketularan DBD dan itu dulu yang harus dipastikan," tegasnya.

Sedangkan untuk fogging atau pengasapan, diungkapkan Putra sebagai langkah terakhir sebagai upaya memberantas jentik nyamuk khususnya jenis aides aegypti.

"Jadi foging fokus bukan solusi yang paling utama, jadi masyarakat harus memastikan tidak ada jentik. Misalnya ada tempat genangan air di sekitar rumah itu harus diperiksa, dibuang atau diganti dikasih abate jadi kembali lagi ke individu masing-masing," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved