Breaking News:

Berita Bangka Barat

37 Jemaah Haji Kabupaten Bangka Barat Siap Diberangkatkan, Kuota Haji Dipangkas

Dari 37 orang yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji, diketahui saat ini sudah satu jemaah haji yang sudah diganti kepada ahli warisnya.

Bangka Pos / Hendra
Kepala Kanwil Kemenag Bangka Barat, Syarifuddin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Barat, Syarifuddin membeberkan untuk kuota haji 2022 yang berangkat dipastikan hanya 37 orang.

Jumlah tersebut mengalami penurunan dari jumlah awal 109 orang yang akan diberangkatkan, dari total 3.105 porsi calon jemaah haji yang masuk dalam daftar tunggu.

"Terkait persiapan kita calon jemaah haji 2022 alhamdulillah sudah menerima surat keputusan Dirjen, terkait penetapan nama-nama di Bangka Barat yang akan berangkat tahun ini berjumlah 37 orang dan untuk cadangan 15 orang," ujar Syarifuddin pada Selasa (10/5/2022).

Terpangkasnya jumlah tersebut pun diakui Syarifuddin, dikarenakan adanya pengurangan kuota nasional yang tentunya berdampak pada kuota Provinsi Bangka Belitung.

"Kuota nasional berkurang kemudian daftar tunggu kita yang sudah melakukan pelunasan tahun sebelumnya, diseleksi lagi berdasarkan umur. Jadi 109 yang umurnya 65 tahun ke bawah itu yang 37 orang tadi, lalu sesuai dengan urutan waiting list dari kuota se-Provinsi Bangka Belitung," jelasnya.

Selain itu juga dengan adanya pengurangan jumlah yang dipastikan berangkat, diungkapkan Syarifuddin memiliki banyak perubahan dari yang sebelum penetapan 37 jamaah.

"Kita panggil jemaah karena banyak perubahan yang harus kita antisipasi, seperti kalau 109 orang itu Ketua Rombongan (Karom) minimal ada dua orang yakni 1 rombongan itu 45 orang. Lalu ada ketua regu itu 10 orang berarti sekarang hanya tiga ketua regu saja, lalu hanya satu karom saja," tuturnya.

"Itu juga masih kurang, tapi kabupaten lain yang masuk ke kita agar mencukupi jumlah kita. Nah sekarang karom yang awalnya sudah ditunjuk, tapi tiga orang itu semua gak ada yang masuk atau berangkat jadi kita akan pilih ulang lagi," tambahnya.

Sementara itu dari 37 orang yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji, diketahui saat ini sudah satu jemaah haji yang sudah diganti kepada ahli warisnya.

"Kalau minta atau batal, ya otomatis dia keluar dari daftar tunggu. Lalu kalau yang sudah diganti ke ahli waris juga ada, kalau dari 37 ada satu yang meninggal dunia dan digantikan kepada anaknya," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved