Breaking News:

MotoGP

Musim Depan Balapan MotoGP Tanpa Tim Suzuki, Dorna Sports Beberkan Alasannya

Para penggemar MotoGP, khususnya fans Suzuki Ecstar tak akan lagi bisa menyaksikan tim kesayangan mereka di MotoGP musim 2023.

Penulis: Eltjandring CC | Editor: El Tjandring
JOSE JORDAN / AFP
Pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Joan Mir bersaing di depan pembalap Spanyol Suzuki Ecstar Alex Rins dalam balapan MotoGP di Grand Prix Eropa di sirkuit Ricardo Tormo di Valencia pada 8 November 2020. JOSE JORDAN / AFP 

Musim Depan Balapan MotoGP Tanpa Tim Suzuki, Dorna Sports Beberkan Alasannya
BANGKAPOS.COM - Para penggemar MotoGP, khususnya fans Suzuki Ecstar tak akan lagi bisa menyaksikan tim kesayangan mereka di MotoGP musim 2023.

Pabrikan asal Jepang itu telah memastikan partisipasi mereka di ajang balapan roda dua paling bergengsi ini hanya sampai musim 2022.

Kondisi finansial menjadi alasan Suzuki menghentikan kiprahnya di kompetisi adu kecepatan motor dengan kapasitas mesin 1.000 CC sebagaimana diberitakan Kompas.com yang mengutip Crash.net, Kamis (12/5/2022).

Sebelumnya pada akhir musim 2011 lalu, Suzuki juga mengutarakan alasan yang sama saat mundur dari MotoGP.
Suzuki undur diri dengan alasan kondisi finansial. Alasan tersebut sama seperti ketika Suzuki pamit dari MotoGP di akhir musim 2011.

Namun empat tahun kemudian atau pada musim 2015, mereka kembali ke MotoGP.

Keputusan keluar dari MotoGP membuat Suzuki akan berhadapan secara hukum dengan Dorna Sportsselaku promotor karena telah melanggar kontrak.

"Suzuki Motor Corporation sedang dalam diskusi dengan Dorna terkait kemungkinan mengakhiri partisipasi di MotoGP pada akhir 2022," tulis keterangan resmi Suzuki.

"Sayangnya, situasi ekonomi sekarang ini dan kebutuhan untuk berkonsentrasi pada upaya untuk perubahan besar yang dihadapi dunia otomotif selama beberapa tahun ini, memaksa Suzuki untuk mengalihkan dana dan sumber daya manusia untuk mengembangkan teknologi baru," lanjut keterangan tersebut.

"Kami ingin menunjukkan penyesalan yang dalam pada Suzuki Ecstar Team kami, pada semua yang sudah mendukung aktivitas balap motor Suzuki selama bertahun-tahun dan pada semua penggemar Suzuki yang telah memberikan dukungan yang antusias," tulis keterangan tersebut.

Dari pernyataan Dorna, disebutkan bahwa Suzuki juga mempertimbangkan untuk mengakhiri aktivitas balap lainnya, karena alasan yang sama.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved