Breaking News:

Seleksi CPNS Tahun 2022 dan 2023, Ini Penegasan Kemenpan RB

Beredar di media sosial, ada warganet yang menanyakan soal rekrutmen CPNS pada 2023.

Editor: fitriadi
Kompas.com/Diskominfo Jember
Peserta tes CPNS mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB) di Balai Serba Guna Kaliwates Kabupaten Jember, beberapa waktu lalu. Tahun ini pemerintah tidak membuka penerimaan CPNS, seleksi dibuka hanya untuk PPPK. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( Kemenpan RB) menegaskan pemerintah tidak membuka seleksi calon pegawai negeri sipil ( CPNS) pada 2022.

Rekrutmen pada tahun ini hanya untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja ( PPPK) dan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) melalui sekolah kedinasan.

Penegasan ini disampaikan Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Mohammad Averrouce menjawab pertanyaan warganet.

"Kita fokus dulu dengan rekrutmen (CASN) di 2022 ya," kata Averrouce dikutip dari Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Sebelumnya di media sosial, ada warganet yang menanyakan soal rekrutmen calon pegawai negeri sipil ( CPNS) pada 2023.

Pertanyaan itu diunggah oleh akun ini di grup Facebook Seputar CPNS dan PPPK pada Rabu (4/5/2022).

Pemilik akun juga mengunggah tangkapan layar surat dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tentang permintaan bahan penyusunan kebutuhan ASN TA 2023.

"Apa benar 2023 ada cpns lagi saya baca dan nemu surat di chanel telegram katanya 2022 ini udah pengusulan kebutuhan asn cpns lagi untuk 2023," tulisnya.

Averrouce menjelaskan rekrutmen CASN pada 2022 terdiri dari PPPK dan CPNS melalui sekolah kedinasan.

" CPNS dari sekolah kedinasan," jelas Averrouce.

Sebelumnya, Menpan RB Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa pada 2022, pemerintah hanya akan merekrut PPPK.

Tjahjo mengatakan, kebijakan untuk merekrut PPPK ini, pemerintah berkaca dari kebijakan yang diimplementasikan oleh beberapa negara maju.

Kebijakan tersebut adalah jumlah ASN yang jumlah civil servant atau pembuat kebijakan (PNS) lebih sedikit, dan jumlah government worker/public services ( PPPK) lebih banyak.

"Untuk seleksi CASN Tahun 2022, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini (2022), formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini," ujarnya, dikutip dari menpan.go.id, 18 Januari 2022.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved