Breaking News:

Berita Bangka Barat

Manfaatkan Lahan Kosong Pemkab Bangka Barat Berencana Buka Terminal Baru di Pelabuhan Tanjung Kalian

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat berencana membuka terminal baru di lahan yang berada di sebelah kanan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy
Area buffer zone yang merupakan lahan milik Pemkab Bangka Barat yang akan dijadikan terminal baru. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Setelah sukses mengurai antrean kendaraan pada mudik lebaran lalu melalui area buffer zone atau kantong parkir, kini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat berencana membuka terminal baru di lahan yang berada di sebelah kanan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

"Ke depan kita ada wacana bagaimana pembukaan terminal baru, di area sebelah ASDP dan pintu masuknya itu dari area tanah kita itu," kata Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, Senin (16/05/2022).

Nantinya dengan lahan milik Pemkab Bangka Barat yang akan dijadikan terminal baru, pihaknya juga akan membuka koneksi atau jalur yang dapat dilintasi dari kawasan pariwisata Pantai Batu Rakit.

"Kalau terlaksana asumsi yang kita hitung-hitung dengan tim kemarin, dengan lahan parkir terminal dan pintu masuk kalau di setujui pihak PT. ASDP bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kita. Dari sana itu kisaran Rp 1 miliar hingga Rp 3 Miliar masuk ke kita dari Terminal baru itu jika terealisasi," ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya kini telah berkoordinasi dengan pihak PT. ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, terkait rencana pembangunan terminal baru.

"Ini hanya persoalan komunikasi antara kita dan pihak PT. ASDP, sama-sama plat merah kan. Jadi kita hanya tinggal bagaimana mensinergikannya, sehingga dua-duanya bisa mendapatkan sesuatu yang positif," ungkap Bong Ming Ming.

Dermaga Baru

Sementara itu diberitakan sebelumnya, pihak PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok  saat ini tengah mempersiapkan untuk membangun dermaga baru untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi saat libur nasional.

"Jadi untuk penambahan area pelabuhan pasti melihat kedua sisi, harapannya dari Tanjung Api-api dan Tanjung kalian memiliki alat produksi yang sama atau dermaga," kata GM PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Christopher Samosir.

Bahkan untuk rencana pembangunan dermaga baru, Christopher Samosir menargetkan akan dapat terealisasi pada Oktober 2022 nanti.

"Kalau untuk saat ini telah dilakukan pengembangan dermaga dua Tanjung Api-api, harapannya di bulan Oktober terealisasi untuk faktor utamanya dermaga dua," bebernya

Dengan terealisasinya rencana pembangunan dermaga nanti, Christopher Samosir mengatakan akan mempengaruhi dan mempercepat proses bongkar muat serta pemberangkatan dari Pelabuhan Tanjung Kalian menuju Pelabuhan Tanjung Api api.

"Untuk Tanjung Kalian sudah dilakukan uji kelayakan, serta Dana Insentif Daerah (DID) sudah ada. DID ini dimana titik lokasi dermaga itu sudah kita dapatkan, dengan BPTD dengan Pemda harapannya mudah-mudahan tidak terlalu lama," ungkapnya. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved