Breaking News:

Kecil Kemungkinan Jadi Pandemi, Kenali Risiko Penyakit Hepatitis Akut dan Cara Penangannya

Kendati kecil kemungkinan memicu pandemi, Zubairi mengatakan bahwa hepatitis akut tetaplah penyakit yang harus diwaspada

shutterstock viaTribun Timur
ilustrasi Hepatitis akut 

BANGKAPOS.COM- Kasus hepatitis akut yang menyerang sejumlah negara di dunia belakangan acap kali disebut sebagai cikal bakal pandemi.

Menanggapi hal tersebut Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban memberikan pandangannya.

Zubairi mengatakan potensi hepatitis akut berat menjadi pandemi sangatlah kecil.

"Apakah bisa menjadi pandemi tentu jadi pertanyaan yang sulit, karena kan kalau dari Oktober sekarang udah 7 bulan kasusnya sekitar 300 mengenai di sekitar 20-an negara. Jadi kencenderungannya untuk menyebar jelas sekali. Namun untuk menjadi pandemi perlu banyak syarat lain," ujar Zubairi dilansir dari Tribunnews.

Apalagi menurutnya, masyarakat di dunia terkhusus di Indonesia telah banyak belajar dari pandemi Covid-19 melanda.

Baca juga: Curiga Medina Zein Bipolar, Denise Chariesta Datang Jenguk ke Bandung, Hasilnya?

Baca juga: Inilah Ciri Wanita Sedang Birahi, Para Suami Wajib Tahu Jika Istri Sudah Lakukan Ini

Asumsinya kini negara-negara sudah lebih waspada dan terbiasa dengan penggunaan masker dan menjaga kesehatan serta kebersihan diri dan lingkungan.

"Dengan perubahan perilaku behavior dari masyarakat dunia itu, maka risiko untuk menjadi pandemi ( hepatitis akut berat ini) saya kira kecil, namun risiko untuk menjadi setingkat pandemi lumayan," lanjutnya.

Kendati kecil kemungkinan memicu pandemi, Zubairi mengatakan bahwa hepatitis akut tetaplah penyakit yang harus diwaspadai.

Terlebih di Indonesia yang dalam kurun waktu satu bulan penyebarannya cukup cepat, semula 3 kasus sekarang ditemukan 18 kasus dugaan.

"Apakah bisa menjadi  pandemi tentu jadi pertanyaan yang sulit, karena kan kalau dari Oktober sekarang udah 7 bulan kasusnya sekitar 300 mengenai di sekitar 20-an negara. Jadi kencenderungannya untuk menyebar jelas sekali. Namun untuk menjadi  pandemi perlu banyak syarat lain," imbuhnya.

Gejala, faktor risiko, dan penanganan

Penting untuk mengetahui gejala, faktor risiko serta penanganan hepatitis untuk meningkatkan kewaspadaan terutama pada anak.

Hal ini karena penyakit hepatitis akut rentan menyerang anak-anak.

Berikut merupakan gejala penyakit hepatitis dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, berikut gejalanya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved