Breaking News:

Berita Bangka

Terbukti Positif Narkoba, Dua Anggota Satpol PP Bangka Dipecat

Kedua anggota Satpol PP yang positif narkoba berstatus sebagai tenaga kontrak ini akan diberhentikan dengan tidak hormat.

Penulis: edwardi | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka, Mulkan. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Mulkan mengungkapkan berdasarkan hasil tes narkoba terhadap anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangka yang dilakukan bersama BNN Kabupaten Bangka saat awal masuk kerja usai Lebaran mendapatkan 2 pegawai honorer Satpol PP positif menggunakan narkoba, sedangkan 4 pegawai Satpol PP dalam pengawasan, karena memiliki riwayat sebagai pengguna dahulu.

Kedua anggota Satpol PP yang positif narkoba berstatus sebagai tenaga kontrak ini akan diberhentikan dengan tidak hormat.

Diketahui dari 369 anggota Satpol PP dan Damkar Kabupaten Bangka yang mengikuti tes narkoba ditemukan 32 orang yang terindikasi, namun tes narkoba terakhir hanya 2 orang positif dan 4 orang dalam pengawasan.

"Tes narkoba ini akan dilakukan secara kontinyu per 3 bulan dan juga bukan hanya untuk Satpol PP dan Damkar saja, tetapi juga OPD-OPD lainnya, karena rata-rata saat ini para pegawai di lingkungan Pemkab Bangka adalah anak-anak muda," kata Mulkan usai kegiatan sosialisasi bahaya narkotika bagi tenaga pendidik SD dan SMP Kabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (17/5/2022).

Bupati Bangka Mulkan menegaskan sanksi tegas akan dijatuhkan kepada dua pegawai Satpol PP yang terbukti positif narkoba ini dengan pemberhentian tidak dengan hormat.

"Demikian juga dengan tenaga pendidik di Kabupaten Bangka juga akan dilakukan tes narkoba secara mendadak, bila ditemukan ada yang positif juga akan mendapatkan sanksi yang tegas," ujar Mulkan.

Diketahui sebelumnya seluruh anggota Satpol PP dan Damkar (pemadam kebakaran) Kabupaten Bangka dilakukan tes narkoba bekerja sama dengan BNN Kabupaten Bangka dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka di Kantor Satpol PP Kabupaten Bangka, Senin (9/5/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembinaan kepada para pegawai di lingkungan Pemkab Bangka dan juga dalam rangka memperingati HUT ke-256 Kota Sungailiat yang rutin melaksanakan tes narkoba rutin bagi para pegawai.

Bupati Bangka Mulkan mengatakan melalui kegiatan ini ingin melihat sejauh mana kondisi kesehatan anggota Satpol PP dan petugas Damkar, karena mereka ini bekerja 24 jam jangan sampai ada yang menggunakan doping narkoba dalam menjalankan tugasnya.

"Petugas Satpol PP dan Damkar ini kan saat tugas jaga harus memiliki kondisi fisik tubuh yang prima, jangan sampai mereka ini menggunakan narkobauntuk mempertahankan tubuhnya tetap prima," kata Mulkan.

Diharapkannya, para pegawai ini ke depan bisa menjadi pemimpin dan contoh bagi para pegawai lainnya di lingkungan Pemkab Bangka.

"Apalagi para pegawai Satpol PP ini sudah kita usulkan dan direkomendasikan oleh Pemprov Babel untuk dijadikan pegawai khusus pemerintah pusat yang bertugas di bidang ketertiban dan keamanan, penegakkan perda dan pendukung dalam mencapai pendapatan asli daerah," ujar Mulkan.

Sementara itu Kasatpol PP Kabupaten Bangka, Thony Marza mengatakan jumlah seluruh anggota Satpol PP dan Damkar yang ada saat ini sebanyak 369 orang, sedangkan jumlah peralatan untuk tesnarkoba ini yang tersedia 150 buah.

" Mungkin kegiatan ini dilanjutkan lagi besok atau bagaimana kita tunggu instruksi petugas BNN dan Dinkes Kabupaten Bangka," kata Thony Marza.

Diungkapkannya, memang ada surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang memerintahkan untuk anggota Satpol PP honorer diajukan pengangkatan sebagai pegawai melalui jalur khusus.

"Kita belum tau bagaimana keputusan pemerintah pusat apakah dijadikan ASN atau PPPK, tapi ini adalah instruksi Kemendagri. Kita sudah melayangkan surat rekomendasi dari pak Bupati Bangka, dari Gubernur Babel untuk mengusulkan sekitar 270 anggota Satpol PP dan Damkar honorer diangkat melalui jalur khusus ini," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved