Breaking News:

Virus Corona di Bangka Belitung

Aturan Baru Tak Perlu Pakai Masker Saat di Luar Ruangan, Achmad Nursandi Minta Masyarakat Tak Lengah

Dia mewanti-wanti masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan, terutama saat berada di dalam ruangan.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursandi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Masyarakat kini hanya perlu menggunakan masker saat berada di dalam ruangan atau saat adanya kerumunan. Sedangkan di luar ruangan, kini diperbolehkan tak memakai masker.

Hal ini dapat diterapkan usai terbitnya Surat Edaran (SE) Satgas Nomor 18 Tahun 2022 tentang Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dan SE Satgas Nomor 19 Tahun 2022 tentang Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN).

"Berdasarkan arahan Presiden yang ditindaklanjuti satgas pusat, kita dari Satgas Bangka Barat Alhamdulillah menyambut baik. Hal ini karena relevan dengan kondisi kita di Bangka Barat, karena sampai saat ini kasus kita melandai," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursandi, Rabu (18/5/2022).

Dia mewanti-wanti masyarakat agar tetap patuh terhadap protokol kesehatan, terutama saat berada di dalam ruangan.

"Kalau aktivitas di dalam ruangan, misalkan ada pertemuan atau berbelanja di swalayan, tetap menggunakan masker. Di luar ruangan pun jangan sampai ada kerumunan, kalau ada kerumunan diimbau menggunakan masker dan jangan lengah," tuturnya.

Walaupun sudah ada kelonggaran, Sandi menegaskan supaya masyarakat tidak lalai, terutama kepada masyarakat yang masuk dalam katagori rentan terpapar Covid-19.

"Kita terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meneruskan arahan SE tersebut. Walaupun demikian, kita akan tetap melakukan pemantauan jangan sampai lalai. Khususnya kepada masyarakat yang rentan, misalkan belum vaksin, lansia, komorbid, ini tetap harus patuh pakai masker ketika beraktivitas di luar," tegasnya.

Mengenai aturan perjalanan laut, terutama bagi masyarakat yang sudah vaksinasi minimal dosis kedua yang akan bepergian melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, tak perlu lagi menunjukkan negatif tes antigen ataupun PCR.

"Untuk pelaku perjalanan yang sudah vaksin 2 dan 3 atau booster, tidak perlu lagi menunjukkan syarat negatif antigen ataupun PCR. Kalau masyarakat yang masih vaksin 1, bahkan belum vaksin sama sekali, ya tetap harus menunjukkan hasil antigen negatif atau PCR," jelasnya.

Kasus Covid-19 Melandai

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved