Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Buaya Empat Meter Muncul di Kolong Kepuh, Jadi Tontonan Warga

Reptil yang diperkirakan memiliki panjang empat meter itu diduga berasal dari hulu kolong berdekatan dengan pabrik perusahaan swasta.

Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Buaya empat meter muncul di Kolong Kepuh, Bacang Pangkalpinang, Jumat (20/5/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Warga Pangkalpinang dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya di Kolong Kepuh, Semabung, Bacang Pangkalpinang, pada Jumat (20/5/2022) siang.

Bahkan kemunculan buaya tersebut menjadi tontonan masyarakat yang melewati kawasan Semabung. Mereka menghentikan kendaraannya untuk sekadar melihat predator buas yang sejak dua bulan terakhir kerap muncul di Kolong Kepuh ini.

Menurut Raudah (51) hewan reptil yang diperkirakan memiliki panjang empat meter itu diduga berasal dari hulu kolong berdekatan dengan pabrik perusahaan swasta.

Selain itu, di hulu kolong terdapat aktifitas pertambangan timah sehingga mengganggu habitat asli buaya tersebut.

"Buaya ini dulunya dekat hulu sana, gak jauh dari pabrik air mineral, di sana kan ada TI jadi mungkin habitat buaya terganggu sehingga, buayanya lari ke sini," sebutnya sambil melihat kemunculan hewan buas tersebut.

Ia menambahkan, ada sekitar tiga ekor buaya yang terdapat di perairan tersebut. Namun, buaya yang sering muncul yakni buaya yang diberi nama Jojo berukuran 4-5 meter. Sementara itu dua buaya lainnnya jarang menampakkan dirinya berukuran lebih kecil dari Jojo.

Kendati demikian, hingga saat ini buaya tidak mengganggu aktifitas warga sekitar. Namun, sejak kemunculannya, masyarakat berbondong-bondong memadati kolong Kepuh.

"Alhamdulillah buaya gak meresahkan warga, cuman semenjak sering muncul banyak orang datang ke sini ,udah kayak jadi tempat wisata saja," tambahnya.

Tak jarang juga warga sekitar memberikan makanan berupa ayam kepada predator buas tersebut agar tidak mengganggu warga.

"Setiap hari diberi makan buayanya agar tidak mengganggu warga dan anak-anak yang sering main dekat kolong," katanya.

(Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved