Breaking News:

Inilah Rifdah Farnidah, Juara 1 Hafalan 30 Juz Alquran Internasional dan Jadi Dosen Muda di IIQ

Rifdah Farnidah berhasil mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara, diantaranya Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki di ajang dunia

Penulis: Nur Ramadhaningtyas | Editor: Teddy Malaka
(Dok. Kemenag)
Rifdah Farnidah, dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta meraih juara 1 Musabaqah Hifzh al-Quran (MHQ) kategori 30 juz pada kompetisi tingkat dunia 107's Family Quranic Competition di Nigeria. 

BANGKAPOS.COM - Rifdah Farnidah, dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta kembali mengharumkan negara Indonesia di kancah Internasional.

Rifdah meraih juara 1 Musabaqah Hifzh al-Quran (MHQ) kategori 30 juz pada kompetisi tingkat dunia 107's Family Quranic Competition di Nigeria.

Sebelumnya, Rifdah meraih juara 2 MHQ Internasional di Yordania pada 2018.

Ia kali ini berhasil mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara, antara lain Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki pada ajang yang berlangsung pada 8 - 26 April 2022.

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia," tuturnya di Jakarta, Selasa (17/5/2022), seperti dilansir dari laman Kementerian Agama.

Rifdah mengatakan, capaian ini bisa didapatnya buka karena usaha dirinya semata, namun juga dari doa dan bantuan para guru.

"Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari do'a dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta," imbuh dia.

Rifdah mengingatkan untuk jangan pernah lelah menghafal Al Qur'an.

"Jangan pernah lelah membaca dan menghafal Al Qur'an. Selain keberkahan, juga dapat membawa ke surganya Allah," pesan Rifdah kemudian.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, memberikan apresiasi dan rasa bangga yang mendalam.

"Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini.

Rifdah Farnidah, Anies Baswedan dan tamu undangan lainnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018).
Rifdah Farnidah, Anies Baswedan dan tamu undangan lainnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2018). (Facebook)

Musabaqah Hifzh Al_Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama.

Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi secara faktual Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional.

"Indonesia tentu sangat bangga," ungkapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved