Breaking News:

Berita Bangka Barat

Sapi Sulit Masuk Akibat Wabah PMK, Distangan Bangka Barat Khawatir Kekurangan Stok saat Iduladha

Mengenai jumlah stok sapi yang ada di Kabupaten Bangka Barat, dia menyebut pihaknya masih menginventarisasi data ketersediaan sapi.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Ilustrasi sapi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menjelang Hari Raya Iduladha, kebutuhan sapi di Kabupaten Bangka Barat dikhawatirkan akan mengalami kekurangan stok seiring adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Untuk kondisi sekarang kalau stok Iduladha, untuk saat ini ada potensi kita masih kurang untuk sampai hari ini ya," kata Kabid Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Bangka Barat, Agung Ari Wibowo, Jumat (27/5/2022).

Diketahui, saat ini terdapat aturan sapi yang akan masuk ke Bangka harus melalui karantina selama 14 hari guna menghindari kian luasnya penyebaran sapi yang terjangkit PMK dari luar daerah ke Bangka khususnya.

Dengan kondisi tersebut, Ari mengatakan, menjelang Iduladha, kebutuhan sapi untuk Bangka Belitung setidaknya sekitar 4 ribu ekor. Sedangkan untuk Kabupaten Bangka Barat membutuhkan sapi sekitar 500 sampai 600 ekor.

"Kalau memang bisa masuk Insyaallah bisa tercukupi, Kalau menjelang Iduladha itu, kalau kebutuhan itu sekitar 500 hingga 600 ekor, karena untuk se-Babel ini kurang lebih 4 ribu ekor. Kita ini kan masih ada ketersedian baru 2 ribu se-Bangka Belitung. Jadi kurang setengahnya. Dari situ kita dapat gambaran, bahwa kita termasuk Bangka Barat ini masih kekurangan," jelasnya.

Mengenai jumlah stok sapi yang ada di Kabupaten Bangka Barat, dia menyebut pihaknya masih menginventarisasi data ketersediaan sapi.

"Kalau untuk bicara pastinya, kami bisa belum bisa membeberkannya. Hal ini karena ingin mendata dulu, karena ibaratnya juga ada kebutuhan harian," imbuh Ari.

Sebelumnya, diketahui wabah PMK sudah masuk ke Kabupaten Bangka Barat, tepatnya berada di wilayah Kecamatan Kelapa.

Total hingga saat ini sudah terdapat tujuh sapi yang sempat terkonfirmasi positif PMK. Namun tiga di antaranya diketahui sudah dinyatakan sembuh dari PMK. (Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved