Breaking News:

Berita Bangka Barat

Tingkatkan PAD Pasar Muntok Akan Terapkan E-Tiket dan Portal Otomatis

Sebelumnya diketahui saat ini untuk penarikan retribusi parkir masih menggunakan manual, atau petugas parkir berjaga-jaga di setiap pintu masuk.

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Para petugas yang menarik retribusi parkir di Pasar Muntok, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat kini kian serius dalam menata Pasar Muntok dengan berencana akan menggunakan sistem Elektronik Tiket (E-Tiket) dan portal otomatis sebagai pintu keluar masuk pasar.

Sebelumnya diketahui saat ini untuk penarikan retribusi parkir masih menggunakan manual, atau petugas parkir berjaga-jaga di setiap pintu masuk dan memberikan karcis kepada para pengendara yang masuk.

Dengan kondisi tersebut Kabid Perhubungan, Dinas Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Kabupaten Bangka Barat, Juswardi mengakui metode tersebut masuk memiliki kendala.

"Kalau berdasarkan kinerja masih stabil lah, masih baik sesuai dengan SOP yang dibuat. Karcis dicetak terus tapi kalau di lapangan memang banyak kendala semenjak kita terbitkan sistem ini, emang ada baiknya dan kendalanya juga," ujar Juswardi, Senin (30/5/2022).

Untuk kendala dibeberkan Juswardi justru muncul terkait kebiasaan masyarakat, bahkan tiap harinya masyarakat yang membayar karcis untuk sepeda motor yakni Rp 2 ribu pun kian menurun.

"Kadang keluhannya dari masyarakat sendiri lah, dan jukir ini juga banyak mengeluh lalu pengawas juga banyak mengeluh. Sebenarnya kalau saya lihat di Muntok ya kesadaran masyarakat lah yang perlu ditingkatkan, awal-awalnya semangat dengan sistem ini senang. Namun akhir-akhir ini tidak, jadi masyarakat sendiri yang membuat menurun," jelasnya.

"Ada yang bilang kami cuma ngopi di sini, ada yang bilang saya pedagang di sini lalu saya cuma lewat nah ini yang salah. Hal ini karena para jukir ini tidak mau memaksa, kalau memaksa nanti jadi bentrok ribut masyarakat," tambahnya.

Untuk menghindari adanya selisih paham dan dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), pihaknya kini pun memastikan akan menerapkan sistem e-Tiket dengan portal otomatis.

"Mungkin ke depan keinginan Pak Wabup kita akan menggunakan e-tiket, kemungkinan akan ada portal-portal. Kalau mesin itu tidak akan ada bantahan dari masyarakat, kalau sekarang kan yang manusia masih ada rasa-rasa gak enak tapi kalau mesin gak mungkin," ucapnya.

Sementara itu untuk saat ini dari retribusi parkir di Pasar Muntok, dalam satu bulan bisa mencapai sekitar Rp 130 juta untuk menambah PAD Bangka Barat.

"Kalau pendapatan kita stabil, kalau bulanan itu diangka Rp 130 juta lah. Kalau sekarang target belum sampai, karena target kita kan harus setahun, kalau enam bulan bisa mencapai tapi harus pake alat bukan orang lagi yang jaga," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved