Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Tiga Pekan Kasus Covid-19 Nihil, Rumah Sakit Rujukan di Pangkalpinang Tak Lagi Rawat Pasien Korona

Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memastikan kasus Covid-19 di daerah itu saat ini sudah terkendali sepenuhnya.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Rumah Sakit Umum Depati Hamzah Pangkalpinang. Rumah sakit tersebut menjadi satu di antara empat rumah sakit rujukan di Pangkalpinang yang saat ini nihil merawat pasien Covid-19 di Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung memastikan kasus Covid-19 di daerah itu saat ini sudah terkendali sepenuhnya.

Hal itu dibuktikan dengan belum ditemukan lonjakan penambahan kasus Covid-19 baru.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, Dr dr Masagus M. Hakim mengatakan, sejak tiga pekan terakhir memang tidak ada penambahan kasus aktif Covid-19 alias nihil atau tidak ditemukan lagi adanya kasus positif Korona di wilayah itu.

Alhamdulillah tidak ada penambahan kasus baru konfirmasi Covid-19 selama tiga minggu terakhir,” kata Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (1/6/2022).

Baca juga: Belum Lama Keluar Penjara, Edar Sabu, Residivis Ini Kembali Ditangkap Tim Cheetah Bangka Selatan

Baca juga: Pamit kepada Para Pegawai dan Masyarakat, Herry Erfian Lepaskan Jabatan Wakil Bupati Bangka Tengah

Hakim mengungkapkan, saat ini tujuh kecamatan yang ada di Pangkalpinang sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19 setelah semua pasien yang terkonfirmasi positif telah dinyatakan sembuh sejak Mei 2022.

Selama tiga pekan tersebut empat rumah sakit rujukan Covid-19 yang ada juga nihil pasien atau tidak ada pasien konfirmasi positif Covid-19 yang bergejala dirawat karena kasus yang terus menurun.

Di mana dari empat rumah sakit rujukan terdapat 88 tempat tidur yang disediakan untuk merawat pasien Covid-19, rinciannya tersebar di Rumah Sakit Umum Depati Hamzah sebanyak 37 unit tempat tidur, Rumah Sakit Bakti Timah 18 tempat tidur, Rumah Sakit Kalbu Intan Medika 23 tempat tidur dan Rumah Sakit Primaya Bhakti Wara 10 tempat tidur.

“Begitu juga dengan tempat isolasi terpadu juga sudah tidak ada yang dirawat di sana,” jelas  Hakim.

Di samping itu lanjut dia, sampai kini sudah sebanyak 60.826 spesimen Covid-19 yang telah diperiksa, sedangkan jumlah masyarakat yang telah di rapid antigen mencapai 81.107 orang.

Dari jumlah tersebut 8.940 orang yang dilakukan tes rapid antigen dinyatakan positif.

Sementara itu secara keseluruhan total terkonfirmasi Covid-19 yang telah ditangani di Pangkalpinang selama pandemi ini mencapai 17.664 kasus, di antaranya 17.350 kasus dinyatakan sembuh dan 314 kasus meninggal dunia.

“Jumlah kasus suspek 18.747 orang dan jumlah kontak erat mencapai 30.886 orang,” ungkapnya.

Walaupun demikian kata Hakim, nihilnya kasus Korona tidak lepas dari sudah tingginya cakupan vaksinasi Covid-19 di Pangkalpinang. Cakupan vaksinasi sendiri telah mencapai 151.113 jiwa atau 89,26 persen untuk dosis pertama. Dosis kedua sebanyak 131.135 jiwa atau 77,46 persen.

Baca juga: Sembilan Calhaj Bangka Belitung Batal Berangkat, Digantikan Nomor Teratas Daftar Cadangan

Baca juga: Calon Haji Babel Gagal Naik Haji Karena Aturan Batasan Usia, Begini Cara Menarik Uang Setoran BIPIH

Sedangkan booster atau penguat 43.375 jiwa atau 29,29 persen dari total sasaran target vaksinasi sebanyak 190.668 orang.

Dengan trend grafik infeksi Covid-19 harian sudah mengalami penurunan, pihaknya tetap melakukan penggiatan skrining Korona di tempat-tempat umum yang memiliki risiko tinggi, serta mendukung jalannya kegiatan vaksinasi Covid-19 agar terbentuk herd immunity.

Peningkatan status imunitas dengan vaksinasi merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan gejala berat pada dan kematian pada kasus konfirmasi Korona di Kota Pangkalpinang.

“Kami mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, meskipun saat ini kebijakan pelonggaran masker sudah diperbolehkan di ruang terbuka,” kata Hakim. 

( Bangkapos.com/Cepi Marlianto)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved