Breaking News:

Berita Bangka Barat

Distangan Bangka Barat Pastikan Stok Sapi Aman Jelang Hari Raya Iduladha

Bahkan menurutnya, sapi untuk kebutuhan sehari-hari juga sudah banyak yang masuk ke Bangka Barat sehingga kebutuhan daging sapi tidak terkendala lagi.

Penulis: Yuranda | Editor: Novita
Bangkapos.com/Sela Agustika
Ilustrasi sapi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menjelang Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah/2022, stok sapi kurban di Kabupaten Bangka Barat dipastikan aman, lantaran sudah diperbolehkan memasok sapi dari luar daerah.

Diketahui sebelumnya, terdapat aturan sapi yang masuk ke Bangka harus melalui karantina selama 14 hari guna menghindari penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sapi dari luar daerah.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan, Dinas Pertanian dan Pangan (Distangan) Bangka Barat, Agung Ari Wibowo mengatakan, sapi untuk kurban diperkirakan mulai masuk di pertengahan bulan Juni.

"Insyaallah kami optimistis bahwa untuk kebutuhan kurban bisa terpenuhi karena sapi mulai sudah masuk dari luar Pulau Bangka. Jadi untuk kawan-kawan pelaku usaha di sini, jangan khawatir diperkirakan pertengahan bulan Juni ini bisa masuk," kata Agung, Kamis (2/6/2022).

Bahkan menurutnya, sapi untuk kebutuhan sehari-hari juga sudah banyak yang masuk ke Bangka Barat sehingga kebutuhan daging sapi tidak terkendala lagi.

"Sudah banyak masuk sapi untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai masuk Hari Selasa 1 Juni kemarin dari Lampung. Kami optimistis terpenuhi untuk kebutuhan hari raya," ucaprnya.

Agung meminta kepada para peternak sebelum sapi dari luar masuk ke Babar agar dilaporkan terlebih dahulu ke pihaknya, untuk dibuat sertifikat sehat supaya meyakinkan pembeli.

"Kami tetap pantau lalu lintas ternak, terutama untuk kebutuhan kurban. Kami harapkan bagi pelaku usaha, agar melaporkan hewan ternaknya untuk dibuat sertifikat. Jadi kami bisa cek dulu kesehatannya untuk meyakinkan pembeli," jelasnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved