Breaking News:

Berita Sungailiat

Soal Penghapusan Tenaga Honorer, Mulkan Minta Pemerintah Pusat agar Dibarengi dengan Penganggaran

Namun kebijakan ini harus dibarengi dengan kajian dari sisi anggaran karena akan berimbas dan mengalami peningkatan.

Penulis: edwardi | Editor: Novita
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka, Mulkan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bupati Bangka, Mulkan, menyambut positif kebijakan pemerintah pusat tentang penghapusan pegawai honorer atau tenaga kontrak pada 23 November 2023 mendatang.

Namun kebijakan ini harus dibarengi dengan kajian dari sisi anggaran karena akan berimbas dan mengalami peningkatan.

"Kita menginginkan kebijakan pusat ini dibarengi dengan penganggaran juga, minta di-support dari sisi anggaran oleh pemerintah pusat, apakah itu melalui CPNS atau PPPK," kata Mulkan usai membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Penatausahaan Keuangan pada Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (06/06/2022).

Dia berharap, pegawai honorer ini tidak langsung dihapuskan atau dihilangkan, tapi dialihstatuskan sebagai PPPK atau CPNS.

"Memang sampai saat ini pegawai honorer ini masih kurang dan masih dibutuhkan, terutama untuk membantu para PNS yang terbatas personilnya," kata Mulkan.

Apalagi, lanjutnya, penerimaan PNS setiap tahunnya tidak begitu banyak, sedangkan pekerjaan di pemerintahan semakin bertambah.

"Seperti tenaga-tenaga teknis, yang memang saat ini didominasi pegawai honorer, termasuk penggunaan sistem-sistem yang berbasis IT harus memiliki SDM yang mumpuni," imbuhnya.

Mulkan berharap kebijakan ini bisa alih status langsung menjadi PPPK atau CPNS, sehingga para pegawai honorer ini bisa benar-benar diakui pemerintah.

"Jika nanti memang terjadi penghapusan tenaga honorer ini, akan mengakibatkan angka pengangguran dan kemiskinan akan meningkat di Kabupaten Bangka," imbuh Mulkan. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved