Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Rumah Sakit Siloam Hospitals Bangka Siap Terima Rujukan Antar Kabupaten hingga Luar Pulau Bangka

Rumah Sakit Siloam Hospitals Bangka yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkalanbaru, Bangka Tengah (Bateng), siap memberikan pelayanan terbaik.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
istimewa
Ambulans rumah sakit Siloam Hospital Bangka saat menjemput pasien rujukan dari Belitung, Selasa (7/6/2022). (Istimewa/Yohan) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Rumah Sakit Siloam Hospitals Bangka yang terletak di Jalan Soekarno Hatta, Pangkalanbaru, Bangka Tengah (Bateng), siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyatakat.


Tak hanya memberikan fasilitas pelayanan yang ada di Pulau Bangka, namun pihak rumah sakit juga menerima rujukan pasien dari luar pulau, seperti Belitung, baik yang menggunakan asuransi kesehatan swasta, perusahaan, hingga penerintah asalkan sesuai dengan prosedur yang ditentukan dari pihak jaminan kesehatan.


"Jadi gini, misalkan ada pasien yang tidak bisa ditangani pihak runah sakit setempat dan perlu rujukan kita dari Rumah Sakit Siloam menerima rujukan, baik itu pengguna BPJS, asuransi swastaa atu perusahan asalkan sesuai dengan prosedur atau ketentuan yang berlak. Seperti untuk BPJS ini harus ada surat rujukan dari faskes pertama, begitu juga dengan syarat lainnya harus dipenuhi," kata Business Development Head Siloam Bangka, Yohan Gusanto kepada Bangkapos.com, Selasa (7/6/2022).


Ia mengatakan, baru-baru ini pihak Siloam sudah menerima rujukan pertama dari luar Pulau Bangka untuk menangani operasi bagian tulang. "Jadi baru-baru ini RSUD Beltim menghubungi UGD siloam untuk merujuk pasien mereka ke Siloam, mengingat kondisi pasien yang mengalami patah tulang dan tidak bisa ditangani di situ. Berhubung Rumah Sakit Siloam lengkap untuk tulang karena ini kasus kecelakaan saat kerja pasien ini mengunakan BPJS Ketenagakerjaan dan kita layani. Sekarang pasien juga sudah berada di Siloam dan dilakukan pemeriksaan oleh dokter terkait untuk dijadwalkan operasi," kata Yohan.


Sebelumnya Rumah Sakit Siloam sudah sering menerima rujukan pasien antar Kabupaten, akan tetapi untuk pasien antar pulau baru pertamakali dilakukan.


"Misal dari Bangka Tengah atau daerah lainnya kita sering terima rujukan asalkan surat rujukan dan jaminan kesehatan ini sesuai dengan prosedur. Tetapi untuk dari luar Pulau Bangka baru ini yang pertama kita terima pasien, biasanya untuk rujukan kita yang sering rujuk pasien keluar apabila disini sudah tidak bisa ditangani," ujarnya.


Dikatakan Yohan, pihaknya pun turut memastikan fasilitas kenyamanan bagi pasien yang akan dirujuk ke Siloam dengan berkoordinasi langsung kepada pihak Maskapai hingga Bandara.


"Jadi setelah rujukan ini, kita dari Siloam mulai ngurus dari rsud rujukan ke bandara dan Maskapai untuk pasien selama di pesawat. Dan juga kita hubungi pihak bandara agar nanti ambulan masuk langsung ke dalam landasan peswat agar pasien mengingat kondisi pasien yang memang harus baring," katanya.


Ia menyebutkan, saat ini Pihak Rumah Sakit Siloam memiliki sebanyak 32 dokter spesialis di berbagai bidang.  "Sejauh ini fasilitas yang ada di kita (Siloam) cukup lengkap untuk di Bangka Belitung, namun tidak menutup ada juga kekurangan baik dari tenaga medisnya," ucapnya.


Ia pun mengajak masyarakat Bangka dan Belitung untuk tidak perlu ragu untuk mendapatkan layanan kesehatan di Siloam Hospitals Bangka.


"Bagi masyarakat kalau ada kebutuhan kesehatan jangan ragu untuk datang ke Siloam. Kita melayani seluruh masyarkat, baik itu asuransi swasta, Pemrintah perushaan dan ketenagakerjaan asalkan memenuhi persyaratan dari pihak jaminan kesehatan," katanya. ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved