Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Ingin Berinvestasi Aman, Berikut Tips dari BEI Bangka Belitung  

Investasi saham adalah perilaku masyarakat yang menaruh uangnya di intrument pasar modal, antara lain saham.

Penulis: Sela Agustika | Editor: Fery Laskari
Lifestyle.kompas.com
Ilustrasi Uang 

BANGKAPOS.COM,BANGKA -- Investasi saham adalah perilaku masyarakat yang menaruh uangnya di intrument pasar modal, antara lain saham.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Bangka Belitung, Fahmi Al Kahfi menjelaskan jika saham adalah surat kepemilikan yang sah di mata hukum, sehingga setiap orang yang membeli saham perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan sekuritas mendapatkan beberapa keuntungan antara lain Deviden dan Capital Gain.

Ia menyebutkan, untuk di BEI sendiri hanya mengelolah jenis intrument pasar modal, yaitu saham, reksadana, obligasi, etf yang dinaungi serta di awasi oleh otoritas jasa jeuangan (OJK).

"Jadi bagian dari produk investasi kami yang ada di pasar modal, karena untuk produk komoditi berbeda lagi sehinggga pengawasannya di bawah naungan bapepti, sedangkan produk kami di awasi oleh OJK , jadi untuk komoditi dan pasar modal dua industri yang berbeda," jelas Fahmi kepada, Bangkapos.com, Jumat (10/6/2021).


Ia menjelaskan, ada beberapa tips yang tepat dilakukan sebelum memulai trading, seperti dianjurkan untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal secara rutin baik secara offline maupun online, melihat lebih detail perusahaan yang terjamin fundamental, membaca laporan keuangan, dan lainnya.


"Jadi untuk terhindar dari resiko yang salah dalam ber investasi kami anjurkan untuk mengikuti Sekolah Pasar Modal yang secara rutin. Setelah memahami secara keseluruh khususnya terkait manfaat dan resikonya, barulah buat keputusan untuk memilih saham perusahaan mana yang akan dipilih setelah melakukan minimal analisis fundamental dan teknikal paling sederhana, agar keputusan yang di ambil bukan berdasarkan "katanya" atau termakan berita hoaks yang mungkin sumbernya kurang jelas di luar sana," ujarnya.


Pihaknya turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin memulai investasi. "Kami selalu sosialisasikan kepada masyarakat khususnya di Bangka Belitung bahwa sebelum memulai investasi terapkan 3P, paham, punya, pantau dan juga jangan lupa 2L, legal dan logis," tegasnya. ( Bangkapos.com/Sela Agustika)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved