Breaking News:

Berita Sungailiat

Satlantas Polres Bangka Incar 7 Pelanggaran Ini dalam Operasi Patuh Menumbing 2022

Hal ini dilakukan mengingat pelanggaran terbesar di jalan raya dilakukan oleh remaja dan pelajar, trmasuk penggunaan knalpot brong atau racing.

Penulis: deddy_marjaya | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Satlantas Polres Bangka
Anggota Satlantas Polres Bangka menyosialisasikan tertib berlalu lintas dan kegiatan Operasi Patuh Menumbing 2022 di SMA Negeri 1 Riausilip, Selasa (14/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Operasi Patuh Menumbing 2022 resmi digelar mulai 13 Juni 2022 hingga 26 Juni 2022. Selain melakukan edukasi dan sosialisi, dalam Operasi Patuh Menumbing petugas juga menindak para pelanggar dengan 7 prioritas pelanggaran di jalan raya.

Hal ini dikatakan Kapolres Bangka, AKBP Indra Kurniawan, melalui Kasatlantas, Iptu Ellen Pricilia Caroline.

"Pelanggaran yang kita tindak terhadap pengendara di jalan raya diprioritaskan pada 7 jenis pelanggaran yang dapat membahayakan," kata Ellen Pricilia Caroline, Selasa (14/6/2022).

Ke-7 jenis pelanggaran tersebut yakni pengendara sepeda montor yang berboncengan lebih dari satu orang, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan safety belt/sabuk keselamatan, pengemudi dipengaruhi alkohol/ narkotika/ obat terlarang, menggunakan handphone saat mengemudikan kendaraan, serta melawan arus lalu lintas.

Menurut Ellen, Polres Bangka, dalam hal ini Satuan Lalu Lintas Polres Bangka, menindak pelanggar di jalan raya dengan cara statis atau mobile. Disamping pelaksanaan pemberian imbauan kepada masyarakan secara tatap muka mau pun memasang spanduk.

Pelaksanaan Oerasi Patuh Menumbing 2022 dilakukan dengan teguran, baik secara lisan maupun tulisan.

"Kita harapkan dengan kegiatan tersebut, dapat membuat atau memberikan kesadaran masyarakat akan taat dan patuh peraturan lalu lintas, serta menekat angka pelanggara dan fasilitas korban kecelakaan," imbuhnya

Sementara itu, KBO Satlantas Polres Bangka, Iptu Kardonetso Siagian, mengatakan, dalam dua hari ini pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing 2022, pihaknya berkunjung ke sekolah-sekolah program Goes to School.

Setelah di hari pertama mengunjungi SMP N 2 Sungaliat, dilanjutkan berkunjung ke SMA Negeri 1 Riausilip di hari kedua.

Hal ini dilakukan mengingat pelanggaran terbesar di jalan raya dilakukan oleh remaja dan pelajar, trmasuk penggunaan knalpot brong atau racing.

Bahkan kebanyakan para remaja ini belum memiliki surat izin mengemudi dan belum cukup usia.

"Pelanggaran terutama roda dua di jalan raya kebanyakan dilakukan oleh remaja atau pelajar. Seperti tidak menggunakan helm , kebut kebutan, tak memiliki SIM dan penggunaan knalpot brong," jelasnya.

Saat berkunjung di SMA Negeri 1 Riausilip, anggota Satlantas Polres Bangka memberikan imbauan tentang peraturan lalu lintas dan tertib berlalu lintas di jalan raya. Juga disampaikan bahwa Polri saat ini sedang melaksanakan Operasi Patuh secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan kegiatan yang dilaksanakan, dihrapkan dapat meningkatkan kedisplinan dan kesadaran berlalu lintas bagi pelajar, serta dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Bangka

"Imbauan kepada guru dan pelajar agar mematuhi aturan lalu lintas agar pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas terus ditekan, Juga kita ingatkan bahwa saat ini pendemi masih berlangsung agar tetap menjaga prokes," kata Iptu Kardonetso Siagian. ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved