Breaking News:

Berita Bangka Barat

Target PAD Sektor Pariwisata Hampir Tercapai, Disparbud Bangka Barat Bimbing 13 Desa Potensi Wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat (Babar) terus mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Muhammad Ali. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Barat (Babar) terus mengenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata.

Langkah peningkatan PAD yang dilakukan disparbud dengan cara membimbing sebanyak 13 desa yang memiliki potensi wisata untuk meningkatkan pariwisatanya.

13 desa yang memiliki potensi wisata di antaranya, Desa Airlimau, Airbelo, Airputih, Pelangas, Airnyatoh, Airlintang, Penyampak, Kapit, Teluklimau, Airgantang, Desa Ketab, Desa Tuik dan Desa Airbulin.

Kepala Disparbud Babar Muhammad Ali mengatakan saat ini pihaknya sudah menetapkan sebanyak 13 Desa wisata yang diharapkan kedepan dapat memberikan sumbangsih dalam peningkatan PAD Kabupaten Bangka Barat.

"Kita ke depan terus mengusahan desa-desa juga dapat berkontribusi untuk PAD karena sejak akhir Desember sampai hari ini kami sudah menetapkan 13 desa wisata," kata Muhammad Ali, Selasa (14/6/22).

Menurutnya, apabila wisata Desa sudah berkembang otomatis akan berdampak pada perekonomian di Bangka Barat dan ia berharap ini menjadi perhatian dinas-dinas terkait.

"Kami berharap juga, dinas terkait termasuk Dinsos Pemdes dapat membina desa, sehingga desa ini dapat mensisihkan dananya untuk membangun pariwisata di desa," ungkap Muhammad Ali.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih fokus untuk pembinaan di Desa-desa, termasuk akses masuk dan fasilitas serta menggali lagi potensi-potensi yang ada untuk menarik wisatawan berkunjung.

"Jadi memang pariwisata itu untuk memenuhi sarana prasarana, akses jalan menempuh wilayah destinasi. Selain itu, hal-hal yang menambah daya tarik, seperti kebudayaannya itu dapat diwujudkan kalau kita saling berkolaborasi, baik itu Pemerintah dengan Swasta, BUMN, BUMD, serta masyarakat," katanya.

Hampir Capai Target PAD

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved