Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pilkades Serentak di Babar Tahap Pendaftaran, Ada Desa yang Lebih dari 10 Bakal Calon

Kalau balonnya lebih dari ketetapan permendagri maka akan dilakukan seleksi tambahan guna mengerucut menjadi lima calon.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri Al-Az. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bangka Barat memasuki tahapan pendaftaran bakal calon. Sebanyak 55 desa akan menggelar Pilkades pada Oktober 2022 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri Al-Az mengatakan saat ini sudah memasuki tahapan pendaftaran bakal calon kepala desa. Pendaftaran ini terhitung mulai dari 8 hingga 20 Juni 2022.

"Sampai saat ini sudah banyak yang daftar, ada desa yang lebih dari 10 bakal calon (Balon). Kalau untuk pendaftaran Balon tidak ada batasan. Tapi untuk calon ada lima sesuai peraturan menteri dalam negeri (Permendagri). Estimasi kami tahun ini ada 400 orang bakal calon kepala desa," kata Idza, di ruang kerjanya, Rabu (15/6/2022).

Kata dia, kalau balonnya lebih dari ketetapan permendagri maka akan dilakukan seleksi tambahan guna mengerucut menjadi lima calon. Seleksi yang akan diterapkan berupa administrasi dan test tertulis.

"Balon yang lebih dari 10 orang ada di Kecamatan Simpangteritip. Syaratnya minimal tamatan SMP, warga negara Indonesia (WNI) sehat jasmani dan rohani, boleh warga desa lain, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Yang tidak boleh mantan narapidana yang kena tuntutan minimal 5 tahun," ujarnya.

Ia juga berharap dalam pelaksanaan Pilkades nantinya berjalan dengan lancar. Karena se-Bangka Belitung yang melaksanakan Pilkades sebanyak 55 desa hanya di Babar.

"Kita paling banyak dibanding Pilkades di kabupaten lain, ini setara Pilkada. Kami harap berjalan dengan lancar dan tertib serta menghasilkan kades yang berbobot," ungkapnya.

Lima Desa Tidak Ikut Pilkades

Idza Fajri Al-Az menyebutkan ada lima desa yang tidak ikut dalam Pilkades serentak di Kabupaten Bangka Barat. Lima desa tersebut di antaranya, Airbelo, Belolaut, Airnyatoh, Kelabat dan Mancung.

"Lima desa itu akan habis masa jabatan kepala desanya pada Tahun 2025 mendatang. Setelah akan dilanjutkan dengan Pejabat (PJ), sampai 2028. Di tahun itu akan dilakukan serentak 60 desa di se-Babar," ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved