Breaking News:

Serentak Se-Indonesia, Ratusan Calon Mahasiswa Baru IAIN SAS Babel Ikut Ujian SSE UM-PTKIN

Pascapelaksanaan SPAN PTKIN, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan penjaringan mahasiswa baru melalui SSE UM-PTKIN.

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
IAIN SAS Babel
IST 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pascapelaksanaan SPAN PTKIN, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan penjaringan mahasiswa baru melalui Sistem Seleksi Elektronik Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SSE UM-PTKIN).

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (UM-PTKIN) IAIN SAS Bangka Belitung dilakukan secara daring dan berjalan lancar. Sebanyak 467 pendaftar memilih IAIN SAS Bangka Belitung pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2022.

Hal ini terpantau pada pelaksanaan UM-PTKIN 2022 sejak pagi sampai sore hari, ada 10 pengawas ujian/pengawas IT yang menjaga kelancaran proses ujian. Kegiatan pengawasan terpusat di Ruang Rapat Lantai III Gd. Terpadu, untuk IAIN SAS Bangka Belitung SSE UM - PTKIN hanya dilaksanakan 1 hari sedangkan secara nasional digelar selama 4 hari mulai dari 14–17 Juni 2022.

Koordinator SSE IAIN SAS Babel Turmuzi, S.Kom memaparkan bahwa pelaksanaan ujian kali ini berjalan lancar secara keseluruhan dan hampir tidak ada kendala. “Peserta dapat mengikuti ujian melalui smartphone, personal computer, atau laptop,” paparnya.

Ia menyebut terdapat sedikit kendala teknis yang dihadapi beberapa peserta, diantaranya kendala di perangkat ujian yang mereka gunakan.

Terdapat 3 sesi di hari pertama ujian dan melalui beberapa tahapan pengawasan mulai dari memeriksa identitas peserta, hingga mencegah pelanggaran yang tidak diinginkan, karena para peserta mengikutinya secara daring dari rumah masing-masing, atau dari tempat yang tersedia jaringan internet.

Lebih lanjut, ujian yang dilakukan serentak secara nasional ini akan terbagi dalam 5 Materi Uji, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kebahasaan, Tes Kemampuan Keislaman, Tes Kemampuan Bidang, dan Tes Baca Tulis Al-Qur’an.

Rektor IAIN SAS Bangka Belitung Dr. Irawan, M.S.I menyampaikan bahwa UM-PTKIN ini merupakan salah satu jalur untuk bisa masuk ke IAIN SAS Bangka Belitung atau Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri.

Semoga pelaksanaan seleksi nasional jalur UM-PTKIN ini bisa menghasilkan calon mahasiswa yang unggul dan berkualitas sesuai dengan pilihan program studinya masing-masing. "Semoga apa yang kita harapkan bersama bisa terealisasi dan proses seleksi ini berjalan dengan lancar," harapnya.

Lebih lanjut, Rektor berharap kepada peserta tes UM-PTKIN agar mengikuti proses seleksi dengan jujur dan bersungguh-sunnguh, bagi calon mahasiswa yang jika nantinya belum lolos seleksi ini jangan berkecil hati, karena masih ada jalur penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri yang pendaftarannya mulai 6 Juni sampai 8 Juli  2022 mendatang. Semoga hasilnya nanti bisa mendapatkan mahasiswa terbaik dari seleksi ini,” sebutnya.

Sebelum memulai ujian pada hari ini, para peserta telah mengikuti sesi uji coba dengan aplikasi ujian SSE tersebut bersama panitia lokal penerimaan mahasiswa baru IAIN SAS Bangka Belitung sejak tanggal 7 hingga 10 Juni lalu. Hasil selesksi UM-PTKIN Tahun 2022 rencananya akan diumumkan pada 30 Juni 2022 melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://iainsasbabel.ac.id. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved