Breaking News:

Berita Bangka Barat

22 Desa di Bangka Barat Dipimpin Pejabat Kades, Idza : Kewenangan Sama dengan Kades Definitif

Sebanyak 22 desa dari 60 desa di Kabupaten Bangka Barat dipimpin Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades). Jabatan tersebut sudah diemban oleh Pj.

Penulis: Yuranda | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Yuranda
Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Pemdes) Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat, Idza Fajri Al-Az. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 22 desa dari 60 desa di Kabupaten Bangka Barat dipimpin Pejabat (Pj) Kepala Desa (Kades). Jabatan tersebut sudah diemban oleh Pj selama dua tahun terakhir ini.

Hal tersebut disampaikan oleh Kabid Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Bangka Barat Idza Fajri, Kamis (16/6/2022) kepada Bangkapos.com.

"Pj-nya sudah dua tahun, karena penundaan Pilkades 2020 pas Covid-19 kemarin. Kita sih mau dilaksanakan supaya tidak ada kekosongan tapi Menteri dalam negeri (Mendagri) memutuskan tidak ada Pilkades selama tahun 2020 sehingga diundur," kata Idza.

Baca juga: Tragis ! Dua Bocah Tewas Tenggelam saat Berenang di Kolong Temberan, Dua Korban Baru Lulus SD

Baca juga: Simpan Ganja Seberat 47,59 Gram.di Pondok Kebun, Angga Dibekuk Sat Narkoba Polres Pangkapinang

Untuk kewenangan Pj kades sendiri, diungkapkan Izda sama dengan kades definitif.

Namun, setiap kebijakan yang ingin diambil harus berkoordinasi dulu dengan pihak kecamatan setempat.

"Kewenangan sama. Tapi untuk kebijakan mesti berkoordinasi ke kecamatan, kalau apa-apa harus izin ke kecamatan, bisa saja membuat kebijakan tapi harus dilaporkan dulu," jelas Idza.

Sementara itu untuk masa jabatan Pj kades tidak ada batasan waktu. Namun setiap semester akan dilakukan evaluasi setiap kinerjanya.

"Pj sebenarnya bebas tapi ada evaluasinya setiap 6 bulan sekali oleh bupati melalui camat. Kalau dia berjalan tidak sesuai atau sakit diganti dan itu kewenangan pak Bupati untuk menggantinya," ungkapnya.

22 Desa Dipimpin Pj

Idza mengatakan, desa-desa yang dipimpin Pj yakni, Desa Kundi, Berang, Pangek untuk Kecamatan Simpang Teritip. Kemudian Kecamatan Jebus, Desa Sungai Buluh dan Desa Limbung, Kecamatan Parittiga, Desa Cupat, Bakit, Puput, Kapit dan Desa Teluklimau.

Selanjutnya di Kecamatan Kelapa ada Desa Rukam, Pusuk, Dendang, Kacung, Tugang serta Desa Air Bulin. Kemudian, Kecamatan Tempilang Desa Air Lintang, Buyan Kelumbi, Penyampak, Tanjung Niur, Sangku dan Desa Tempilang.

Baca juga: Viral Sebagai Korban Begal di Petaling, Pemuda Ini Minta Maaf Karena Hanya Rekayasa

Baca juga: Ratusan Orang di Bangka Belitung Kena DBD, Ini Obat Tradisional yang Bisa Bantu Trombosit Naik

Diketahui saat ini Dinsospemdes baru akan melaksanakan Pilkades serentak terhadap 55 Desa dan pada Oktober 2022 mendatang, saat ini telah dibuka pendaftarannya.

"Ada 5 desa yang tidak ikut pilkades 2022, sebab masa jabatan kepala desa Air Belo, Belo Laut, Air Nyatoh, Kelabat dan Desa Mancung itu baru habis pada tahun 2025 mendatang," ucap Idza.

(Bangkapos.com/Yuranda)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved