Breaking News:

Berita Bangka Barat

Kampung Tanjung Laut Muntok Langganan Banjir Rob, Warga Minta Pemkab Perbaiki Talud

Talud yang rusak ini merupakan penyebab utama kediaman mereka terendam air laut, saat gelombang tinggi dan air laut pasang.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Yuranda
Kondisi talud di Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (21/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Warga Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resah lantaran daerah mereka tinggal langganan banjir rob.

Mereka meminta ke Pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk memperbaiki talud yang dinilai oleh masyarakat sekitar sudah rusak dan rendah.

Talud yang rusak ini merupakan penyebab utama kediaman mereka terendam air laut, saat gelombang tinggi dan air laut pasang.

Sementara itu mereka juga meminta pemerintah untuk menanam bakau atau mangrove di bibir pantai tersebut guna memecahkan gelombang supaya tidak sampai ke kediaman mereka.

Hal tersebut disampaikan oleh Aina (36) warga Kampung Tanjung Laut saat dijumpai oleh Bangkapos.com di kediamannya pada Selasa (21/6/2022) siang.

Kata dia, sebanyak ratusan keluarga di sini (Tanjung Laut-red) resah saat air pasangan dan gelombang tinggi. Kebanyakan mereka tidak bisa tidur ditakutkan air tiba-tiba besar dan masuk rumah mereka.

Berdasarkan pantauan Bangkapos.com bagian bawah talud tersebut mulai rusak akibat dikikis gelombang bahkan bagian dindingnya mulai rembesan ke bawah, sehingga warga sekitar khawatir dengan kondisi tersebut.

"Warga resah kalau air pasang besar. Kami bimbang untuk tidur takut air laut tiba-tiba besar dan kami harus mengangkat barang-barang ke tempat lebih tinggi sehingga tidak terendam," kata Aina.

Menurutnya, ketika kediamannya direndam air pemerintah sudah menyediakan tempat untuk berteduh sembari menunggu air laut surut.

Namun, kata dia warga disini tidak seterusnya mengharapkan bantuan itu. Mereka juga ingin tidur dan tinggal lebih tentang dan tidak dihantui air laut.

Halaman
12
Sumber: bangkapos
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved