Breaking News:

Berita Pangkalpinang

139 Mahasiswa Unmuh Babel Diwisuda, Pertama Kali Cetak Lulusan Prodi Matematika dan Bahasa Inggris 

Wisuda Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung (Babel) digelar, Sabtu (25/6/2022) diauditorium universitas setempat.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IX Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Tahun Akademik 2021/2022, Sabtu (25/6/2022) di Auditorium Unmuh Babel. (Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA - Wisuda Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung (Babel) digelar, Sabtu (25/6/2022). Sejak pagi, para calon wisudawan dan wisudawati tampak menggiring kedua orang tua dan walinya masuk ke auditorium universitas itu.

Pembacaan nama, penyematan gelar dan pemindahan kuncir toga menjadi acara puncak pada acara Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan IX Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ( Unmuh Babel) digelar hari ini.

Wisuda Tahun Akademik 2021/2022, sebanyak 139 mahasiswa-mahasiswi. Mereka silih berganti maju ke depan untuk memindahkan kuncir toga dan proses pemberian ijazah secara langsung.

Rinciannya masing-masing 109 orang lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 25 orang  Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 4 orang Program Studi Pendidikan Matematika dan satu orang Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung, Sabtu (25/6/2022) Fadillah Sabri menyebut wisuda angkatan XI kali ini sangat istimewa sebab tahun ini merupakan wisuda pertama untuk Program Studi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris.

"Untuk pertama kalinya Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Inggris sejak berdirinya empat tahun lalu akhirnya bisa meluluskan sarjana. Genaplah sekarang semua program studi di Muhammadiyah sudah ada sarjanaannya, Alhamdulillah nikmat Allah yang luar biasa kita rasakan," kata Fadillah dalam sambutannya saat acara, siang ini.

Fadillah berharap, seluruh mahasiswa yang  diwisuda hari ini dapat menjaga ilmu yang telah diberikan, kemudian tetap mampu menjunjung tinggi nilai-nilai Al Islam dan kemuhammadiyahan.

"Di manapun kalian bekerja dan mengabdi tidak akan larut dalam keasikan dunia tetap ingat akan Allah, terus istiqomah dalam pengabdian sebagai kader perserikatan sebagai kader umat dan sebagai kader bangsa," pesannya.

Sementara itu prosesi wisuda hari ini bukanlah akhir proses untuk menjadi sarjana, namun sejatinya ini merupakan awal sebuah petaruhan.

"Hakikat kesarjanaan adalah ketika mampu menggelarkan pekerjaan atau semesta dalam rangka misi menebarkan kemanfaatan ilmu dan berdakwah amar ma'ruf nahi mungkar identitas diri sebagai sarjana ilmu yang senantiasa memegang teguh nilai-nilai dasar keunggulan almamater kita. Tak akan luntur meskipun saudara sudah membaur dalam kehidupan nyata di masyarakat nilai-nilai keislaman ke indonesiaan," katanya.

Fadillah menyebutkan, Muhammadiyah Bangka Belitung kembali mewisuda sarjana dalam kurun waktu belum genap dua tahun sejak perubahan bentuk yang semula bernama STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung pada Tanggal 4 September 2020 yang lalu eksistensi berubah menhadi Unmuh Babel.

"Baik di tingkat lokal maupun regional bahkan nasional kami terus meng-updatkan diri, kita patut bersyukur prestasi-prestasi mahasiswa dan dosen dosen Unmuh baik prestasi akademik maupun non akademik terus mengalami peningkatan dan menunjukkan jati dirinya," ujarnya.

"Kami kembalikan ananda semuanya kepada orang tuanya masing-masing kepada bapak dan ibu mohon maaf jika selama mendidik anak-anak bapak dan ibu banyak kekurangan yang kami lakukan jika ada khilaf kata perbuatan dari dosen dan tenaga kependidikan yang membuat anak bapak dan ibu mengalami kepayahan dalam menyelesaikan sepertinya semoga Allah mengampuni kami," tegas Fadillah.

Wisuda yang ke-9 itu juga dihadiri oleh Kepala L2DIKTI wilayah II Iskhaq Iskandar dan Wakil Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Mohammad Adam Jerusalem, serta tamu undangan lainnya.

Perwakilan wisudawan dan wisudawati angkatan ke-9 Faizal  mengucapkan terimakasih kepada seluruh civitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang telah mengajarkan banyak hal.

" Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung menjadi tempat kami untuk belajar membangun akhlak, berdiskusi kritis, mengabdi kepada masyarakat, serta melakukan penelitian ilmiah untuk mewujudkan catur Dharma perguruan tinggi," sebut Faizal.

Menurutnya, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung merupakan tempat ternyaman untuknya, kampus yang menjadikan ia dan teman-teman hari ini yang berdiri di auditorium sebagai wisudawan-wisudawati.

"Kampus yang tidak hanya melahirkan aktor intelektual tetapi turut pula melahirkan aktor-aktor yang bermoral dan spiritual. Beberapa tahun yang lalu kami semua datang dengan penuh semangat dan membawa harapan keluarga dengan penuh keyakinan bahwa kami akan menjadi sosok pribadi baru yang lebih baik," katanya.

"Ucapan terima kasih yang mendalam kepada Rektor dekan Kaprodi dosen dan segenap civitas akademika yang telah membimbing dan mengasah intelektual moral maupun spiritual selama kami menimba ilmu di Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung ini kami menyampaikan permohonan maaf yang tulus kepada segenap civitas akademika atas segala kesalahan kekurangan dan kehilangan kami selama kami menjadi warga Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung," tambahnya. ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved