Breaking News:

BPJS Kesehatan Bersama FKTP Bangka Barat Optimalkan Pelayanan Primer

BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar Pertemuan Evaluasi Pelayanan Primer 2021 dan Monitoring dan Evaluasi Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK)

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: M Ismunadi
Ist
BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar Pertemuan Evaluasi Pelayanan Primer 2021 dan Monitoring dan Evaluasi Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), Senin (20/6/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dalam rangka mendukung pencapaian agenda Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020–2024 khususnya dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing, diperlukan peran aktif dan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan terkait di bidang kesehatan sesuai tugas dan fungsinya.

Peningkatan mutu pelayanan kesehatan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pada penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional salah satunya dilakukan penerapan pembayaran kapitasi berbasis kinerja (KBK).  

BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang menggelar Pertemuan Evaluasi Pelayanan Primer 2021 dan Monitoring dan Evaluasi Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK), Senin (20/6/2022). Kepala BPJS Kesehatan Pangkalpinang, Rudy Widjajadi mengatakan pertemuan ini dilaksanakan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi antar seluruh pimpinan FKTP dengan tujuan membahas hal terkait dengan pelaksanaan pelayanan primer.

Rudy menambahkan bahwa untuk standar penilaian KBK didasarkan atas beberapa indikator, yaitu Angka Kontak (AK), Rasio Rujukan Rawat Jalan Non Spesialistik (RRNS), Rasio Peserta Prolanis Terkendali (RPPT) sehingga diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN.

“Kami sangat mengapresiasi kehadiran peserta pertemuan hari ini, mengingat koordinasi dapat memperkuat kemitraan dan sinergi kedua belah pihak. Setelah pertemuan ini kami harapkan semakin mempermudah implementasi KBK sebagaimana telah disampaikan sehingga nantinya dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN pada pelayanan kesehatan primer dan juga kepuasan pada FKTP,” kata Rudy.

Dirinya melanjutkan, kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh FKTP sangat penting. Hal tersebut dikarenakan sebagai gatekeeper, FKTP merupakan ujung tombak dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN.

“Dengan begitu, kami berharap pelayanan kesehatan pada tingkat pertama harus berorientasi kepada kualitas pelayanan dengan berbasis pelayanan digitalisasi sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan kepada peserta JKN,” ujarnya.

Senada hal tersebut, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Bangka Barat, Muria Indriakasih menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan dan diharapkan dapat meningkatkan kerja sama yang telah terjalin baik selama ini.

“Oleh karenanya kami menyampaikan bahwa peningkatan kualitas pelayanan di FKTP dalam rangka untuk memperkuat dan meningkatkan sistem KBK. Diharapkan kerja sama antara BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan serta dari mitra lainnya dapat ditingkatkan sehingga dapat terjalin hubungan yang lebih baik lagi kedepannya,” ucapnya. (Advertorial)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved